Jika Bendungan Kuningan Rampung Dibangun, Jabar dan Jateng Bakal Berbagi Air untuk Irigasi

Kini proses pembangunannya sudah 82 persen dan pada 2019 rampung, bahkan bisa dipercepat sesuai harapan.

Jika Bendungan Kuningan Rampung Dibangun, Jabar dan Jateng Bakal Berbagi Air untuk Irigasi
istimewa
Bendungan Kuningan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat akan berbagi air untuk irigasi pertanian dengan Jawa Tengah melalui Bendungan Kuningan di Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, yang akan rampung dibangun pada 2019.

Penjabat Gubernur Jabar, Mochamad Iriawan, mengatakan jika sudah rampung, bendungan dari Sungai Cikaro ini akan mengalirkan air ke daerah irigasi Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektare lahan pertanian.

Lalu Muhammad Zohri, Sprinter 18 Tahun asal Indonesia Juara di Kejuaraan Dunia Atletik di Finlandia

Sedangkan, 2.000 hektare lahan pertanian di Kabupaten Brebes juga akan mendapat pasokan air dari bendungan ini melalui daerah irigasi Jangkelok. Bendungan ini pun akan mereduksi banjir sampai 68 persen dan memproduksi air baku 300 liter per detik dan tenaga listrik 500 kW.


"Kini proses pembangunannya sudah 82 persen dan pada 2019 rampung, bahkan bisa dipercepat sesuai harapan. Bendungan ini dapat menampung 25 juta kubik air untuk dimanfaatkan di Jabar dan Jateng, karena ini daerah perbatasan," kata Iriawan dalam kunjungannya ke Bendungan Kuningan, Rabu (11/7/2018).


Kepala Satker Bendungan Kuningan dari Kementerian Pekerjaan Umum, Harya Muldianto, mengatakan pembebasan lahan untuk bendungan ini dilakukan sejak 2013. Dengan luas 221 hektare genangan, katanya, bendungan ini merendam empat desa.

"Ada 361 kepala keluarga yang rumahnya terdampak akibat dijadikan genangan. Kami relokasi mereka ke Sukadana," katanya, seraya mengatakan pembangunan bendungan ini menghabiskan anggaran Rp 491 miliar dan supervisi Rp 19 miliar. 

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved