Dua Bendungan Unik Ini Bakal Jadi Pengendali Banjir Jakarta, Rampung 2019

"Ada Sukamahi 30 persen lebih, dan ini (Waduk Ciawi) 29 persen. Jadi 60 persen air akan tertampung di sini. Ini bendungan unik pertama

Dua Bendungan Unik Ini Bakal Jadi Pengendali Banjir Jakarta, Rampung 2019
istimewa
Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan saat memantau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor, Selasa (10/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Waduk Ciawi dan Sukamahi yang tengah dibangun di Kabupaten Bogor akan menjadi pengendali banjir kawasan Jakarta. Selain menampung air baku, kedua waduk ini pun akan menjadi destinasi wisata baru.

Dalam pemantauannya ke Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi, Selasa (10/7/2018), Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan memastikan proses pembangunan berjalan on the track dan permasalahan pembebasan lahan pun diselesaikan dengan baik.

"Ada Sukamahi 30 persen lebih, dan ini (Waduk Ciawi) 29 persen. Jadi 60 persen air akan tertampung di sini. Ini bendungan unik pertama di Indonesia, untuk pengendalian banjir," kata Iriawan saat mengunjungi Waduk Ciawi.

Orangtua Siswa Kembali Datangi Kantor Disdik Kota Bandung, Minta Keadilan Soal PPDB

Proses pembebasan lahan dan pembangunan Waduk Sukamahi, katanya, sudah mencapai sekitar 30 persen, sedangkan Waduk Ciawi sekitar 5 persen. Kedua waduk ini diprediksi rampung sesuai rencana, yakni 2019.

Tidak hanya bangunan utama operasional bendungan, di sekitar waduk pun tengah dibangun sejumlah fasilitas, mulai dari jalan sampai bangunan-bangunan untuk kegiatan wisata.


"Kami komunikasikan apa saja masalahnya. Pembebasan lahan dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten, petak-petak tanah mana saja yang harus didiskusikan," kata Iriawan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor mengendalikan harga tanah di lokasi pembangunan Waduk Ciawi atau Sukamahi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan proses pembangunan Waduk Ciawi jangan sampai terlambat karena persoalan seputar pembebasan lahan, terutama penentuan harga tanah.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help