Home »

Garut

Warga Garut Sambut Baik Wacana Pemerintah Ubah Nama Jalan dengan Nama-nama Pahlawan Daerah

Sejumlah warga di Kabupaten Garut menyambut baik adanya wacana pemerintah yang ingin menjadikan nama pahlawan daerah menjadi nama jalan.

Warga Garut Sambut Baik Wacana Pemerintah Ubah Nama Jalan dengan Nama-nama Pahlawan Daerah
Dokumentasi/Tribun Jabar
ILUSTRASI: Jalan Pembangunan Tarogong kidul, Garut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sejumlah warga di Kabupaten Garut menyambut baik adanya wacana pemerintah yang ingin menjadikan nama pahlawan daerah menjadi nama jalan.

Salah seorang warga, Fajar Ridwan (23), mengatakan, sudah saatnya nama jalan di Kabupaten Garut harus diganti karena menurutnya banyak nama jalan yang hampir sama dan penamaannya kurang tepat.

Minta Lapangan Bagus, Gomez Sebut Bukan Menentang Manajemen tapi Demi Kemajuan Persib

Gara-gara Limbah, Air Sungai di Cimahi Sangat Berbahaya, Ikan Sapu-sapu Saja Tak Bisa Hidup

"Jalan guntur sangat banyak, ada Jalan Guntur Melati, Jalan Guntur Sari, dan Guntur Indah. Lalu ada Jalan Pembangunan, Jalan Terusan Pembangunan. Kenapa tidak diganti saja," kata Fajar kepada Tribum Jabar di Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (10/7/2018).

Fajar mengatakan, dengan adanya nama pahlawan daerah yang dijadikan nama jalan setidaknya bisa menambah pengetahuan untuk warganya termasuk dirinya yang mengaku tidak tahu banyak dengan nama-nama pahlawan dari Kabupaten Garut.


"Jadi bakal tahu nama-nama pahlawan Garut dan bisa jadi kebanggan tersendiri," katanya.

Diberitakan Tribun Jabar Sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat, menginginkan nama Raden Ayu (RA) Lasminingrat sebagai salah satu nama jalan yang ada di Kabupaten Garut. Hal tersebut mesti dilakukan, karena menurut warga, RA Lasminingrat adalah salah seorang pahlawan perjuangan Kabupaten Garut.

Pemkab Garut Berencana Mengganti Nama Jalan Menjadi Nama-nama Pahlawan Asal Garut

Istri mantan Wakil Bupati Garut Diki Chandra, Rani Permata, mengatakan, sudah sewajarnya nama RA Lasminingrat diabadikan ke dalam sebuah nama jalan atau menjadi pahlawan nasional.

"Kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah, yaitu Dinas Budaya dam Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut," kata Rani, saat ditemui di Gedung RA Lasminingrat, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (11/4/2018).

Rani mengatakan, alasan untuk menjadikan RA Lasminingrat sebagai nama jalan, bukan tanpa alasan begitu saja, namun hal tersebut ditunjang dengan beberapa bukti kuat bahwa RA Lasminingrat adalah pahlawan.

"Bukti penunjang sudah kuat, ditandai dengan adanya karya sastra," kata Rani.

Berdasarkan informasi, RA Lasminingrat adalah tokoh perempuan intelektual dalam bidang kepenulisan dan pendidikan bagi kaum perempuan di Kabupaten Garut. (*)

Ia merupakan sosok yang diketahui peduli terhadap nasib kaum hawa yang ada di wilayah Tatar Sunda dan juga merupakan istri mantan Bupati Garut, RAA Wiratanudatar VIII.

Selain RA Lasminingrat, beberapa pahlawan dan tokoh di Garut di antaranya, Raden Hadji Moehamad Moesa, RAA Adiwidjaya,
KH Yusuf Tauzirie, KH Anwar Musaddad, KH Hasan Arief.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help