PKSKI STP Bandung Gelar Seminar Gastronomi, Kuliner Lokal Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

Dapat memberikan informasi aktual mengenai kondisi potensi kuliner Indonesia dan mensosialisasikan kekayaan produk kuliner khas Indonesia

PKSKI STP Bandung Gelar Seminar Gastronomi, Kuliner Lokal Bisa Jadi Daya Tarik Wisata
istimewa
Seminar Gastronomi (Tata Boga) di STP Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Industri pariwisata Indonesia, termasuk Jawa Barat terus berkembang seiring makin gencarnya pemerintah mempromosikan tempat-tempat wisata dan membangun infrastruktur pendukung.

Selain obyek wisata, strategi lain untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan dengan mengenalkan kuliner khas dari setiap daerah. Karena di sejumlah negara, wisatawan datang hanya untuk wisata kuliner dan produk terusannya.

Untuk mendorong kuliner khas Indonesia menjadi daya tarik wisata, Pusat Kajian Seni Kuliner Indonesia (PKSKI) STP Bandung menyelenggarakan Seminar Gastronomi (Tata Boga) dengan tema “Mengembangkan Gastronomi Sebagai Potensi Atraksi Pariwisata” di Kampus STP Bandung, Selasa (10/7/2018).

Soal Rekrutan Pemain Baru, Mario Gomez: Cukup Satu Kali Saja Bikin Keputusan Salah

Ayu Nurwitasari SAP MM Par, Kepala Unit PKSKI STP Bandung mengatakan, sebagai unsur penunjang Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, PKSKI merupakan salah satu unit atau perangkat kelengkapan dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di luar Jurusa.

Unit PKSKI STP Bandung memiliki visi yakni menjadi pusat pengembangan kuliner Indonesia berbasis pengetahuan, seni dan teknologi agar dapat dilestarikan dan diunggulkan di dunia kuliner internasional.


"Dalam upaya mewujudkan visi di atas, unit PKSKI telah menetapkan misi di antaranya menggali dan mengidentifikasi potensi kuliner Indonesia, dan mengkaji produk-produk kuliner Indonesia unggulan selaras dengan kondisi masa kini, serta mensosialisasikan hasil kajian kekayaan kuliner Indonesia kepada para pelaku usaha kuliner di dalam dan di luar negeri. Juga dan mempromosikan produk-produk kuliner Indonesia unggulan di dalam dan di luar negeri," katanya.

Selain itu, PKSKI STP Bandung juga memberikan pembinaan dan konsultasi bagi para pengusaha kuliner Indonesia, sekaligus turut melestarikan kekayaan kuliner Indonesia dengan sistem dokumentasi baik berupa hard copy maupun soft copy. PKSKI STP Bandung juga mendukung program pemerintah di tingkat pusat sampai daerah dalam pengembangan pariwisata khususnya di bidang wisata kuliner.


"Kami berharap dengan adanya seminar gastronomi ini dapat memberikan informasi aktual mengenai kondisi potensi kuliner Indonesia dan mensosialisasikan kekayaan produk kuliner khas Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri agar produk kuliner Indonesia dapat dikenal lebih luas dan dapat dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa," katanya.

Pada seminar kali ini menghadirkan narasumber yang merupakan ahli dalam bidang seni kuliner Indonesia yakni Mr Antonio Montecinos PhD dan Mrs Revita Datau Messakh. Pihaknya juga berharap, hasil seminar dapat dijadikan rekomendasi bagi berbagai stakeholder sebagai acuan untuk kuliner Indonesia.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help