PPDB SMP

PPDB SMP Sistem Zonasi di Kota Cimahi Diakui Kadisdik Perlu Dievaluasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cimahi perlu dilakukan evaluasi.

PPDB SMP Sistem Zonasi di Kota Cimahi Diakui Kadisdik Perlu Dievaluasi
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Kadisdik Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan saat diwawancara di DPRD Kota Cimahi, Rabu (17/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cimahi perlu dilakukan evaluasi.

Dinas Pendidikan Kota Cimahi mengakui dalam penyelenggaraan PPDB tahun 2018 ini masih ada kekurangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, mengatakan, untuk melakukan evaluasi tersebut pihaknya berencana akan berkirim surat ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ditanya Soal Kabar Kedekatan Ariel Noah dan Pevita Pearce, Luna Maya: Waw

Legenda Persib Sutiono Lamso Bicara Soal Kandidat Juara Piala Dunia 2018, Ini Tim Kuda Hitam

"Pasca PPDB ini kita akan evaluasi karena dalam sistem zonasi ini ada fakta seorang anak karena jauh dari tempat tinggalnya tidak diterima di sekolah meskipun nilainya tinggi," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (9/7/2018).

Selain itu, kata Dikdik, keberadaan SMPN di Kota Cimahi saat ini tidak merata, pasalnya ada kelurahan yang tidak terdapat SMPN, seperti Kelurahan Pasir Kaliki, Kelurahan Padasuka, Kelurahan Cibeber, dan Kelurahan Cigugur.

Di Kota Cimahi ini, lanjut Dikdik hanya ada 11 SMP Negeri, sedangkan kuotanya mencapai 3.554 siswa, namun dari data yang dilihat dari laman resmi PPDB Kota Cimahi hari ini, total pendaftar sudah mencapai 3.663 siswa.


"Memang dalam sistem PPDB ini ada ketidakpuasan dari para orang tua siswa. Kami dalam menyelegarakan pendidikan tentu ada keterbatasan aturan," katanya.

Atas hal itu, pihaknya meminta orang tua siswa untuk memakluminya dan khusus untuk jalur radius zona memang jalur yang seharusnya dilakukan evaluasi.

Proses pendaftaran semua jalur PPDB SMP Negeri di Kota Cimahi sudah dilaksanakan sejak 25-26 Juni dan 2-6 Juli. Sedangkan pengumuman dilaksanakan 7 Juli 2018. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved