Headline Koran Tribun Jabar

VIDEO HEADLINE: Edisi Kamis 5 Juli 2018, Warga Mengaku Diintimidasi

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Kamis 5 Juli 2018 menyajikan laporan utama tentang limbah pabrik yang...

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Kamis 5 Juli 2018 menyajikan laporan utama tentang limbah pabrik yang mencemari sungai dan sawah warga di kawasan Rancaekek.

Limbah dari pabrik-pabrik di wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung ternyata tak hanya mencemari sungai dan sawah-sawah warga di kawasan Rancaekek, Kota Bandung.

Air limbah yang bau dan berwarna hitam pekat juga menggenangi sejumlah ruas jalan di perumahan penduduk.

Di Perumahan Rancaekek Permai II, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, kondisi ini bahkan sudah terjadi sejak lima tahunan lalu dan tak pernah ada solusi sekalipun warga sudah kerap mengadu.

Dede Solihah (40), warga perumahan itu, mengatakan, genangan limbah menutupi jalan tak hanya terjadi pada musim hujan, tapi juga pada musim kemarau.

"Ini malah sudah hampir dua tahun genangannya enggak surut-surut," ujar Dede dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah warga Perumahan Rancaekek Permai II, pihak PT Kahatex, dan Satgas Sektor 21 Citarum Harum di teras Masjid Al Ikhlas di Perumahan Rancaekek Permai II, Rabu (4/7).

"Ini air limbah dari PT Kahatex, PT Kwalram, dan lainnya. Kami sudah lelah mengadu, tapi tak pernah ada solusi."

Presiden Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (APHDI), Dr Dini Dewi Heniarti, yang juga hadir pada pertemuan itu, mengatakan, pihaknya akan membantu masyarakat jika mereka akan menempuh hukum berupa class action atau gugatan kelompok.

"Tadi sudah saya tawarkan, APDHI akan membantu. Kami masih menunggu keputusan mereka. Karena untuk class action, yang maju harus tokoh yang berkompeten. Class action harus berupa fakta-fakta hukum," ujar Dini, yang juga inisiator Perpres No 15 tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.(*)

Selengkapnya, baca koran TRIBUN JABAR edisi Kamis 5 Juli 2018.

Perbaharui informasi di www.tribunjabar.id.

Penulis: Ragil Wisnu Saputra
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help