Lewat e-Katalog Produk Asal Jabar Bisa Dibeli Provinsi Lain

Menurut M Iriawan, e-Katalog penting sekali untuk menghindari penyimpangan walau tidak semua barang dan jasa masuk dalam e-Katalog

Lewat e-Katalog Produk Asal Jabar Bisa Dibeli Provinsi Lain
Tribun Jabar/ Theofilus Richard
Mochammad Iriawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemprov Jabar bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI menandatangani MoU dalam rangka pengembangan e-Katalog atau Online Shop Barang dan Jasa Daerah.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan bersama Kepala LKPP Agus Prabowo menandatangani MoU tersebut dalam acara Sosialisasi Katalog Daerah di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (5/7/2018).

Menurut Iriawan, e-Katalog merupakan terobosan dalam sistem pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah. Terlebih hal ini bisa mencegah tindakan penyimpangan seperti tindak pidana korupsi.

Pecinta Keju? Cobain Lembutnya Menikmati Triple Cheese Cheesecake Berbahan Keju Italia

"Pengadaan barang dan jasa sekarang itu harus jelas, dan barang-barang yang dipasarkan juga harus unggulan. Terobosan ini (e-Katalog) penting dan harus diikuti oleh seluruhnya (perangkat daerah Jabar)," ujar Iriawan dalam sambutannya.

Menurut M Iriawan, e-Katalog penting sekali untuk menghindari penyimpangan walau tidak semua barang dan jasa masuk dalam e-Katalog. Melalui e-Katalog ini, Jawa Barat juga bisa mempromosikan barang dan jasa yang dihasilkan ke daerah lain.


"Dengan harapan semua produk-produk yang ada di kita akan masuk dalam katalog yang ada, sehingga akan terkoneksi, seperti produk unggulan Jawa Barat bisa masuk ke katalog yang ada, kemudian bisa diambil provinsi lain. Demikian berputar terus, jadi seperti simbiosis mutualisme, " kata Iriawan.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan e-Katalog ini seperti Online Shop. Di e-Katalog akan tertera jelas barang, merk, spesifikasi, hingga harga produk yang dipasarkan.

"Tapi isinya barang-barang yang dibutuhkan oleh pemerintah, baik pusat, daerah, atau sektor lainnya," tutur Agus ditemui usai acara pembukaan Sosialisasi Katalog Daerah.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help