30 Kepala Desa di Kabupaten Bandung Siap Nyaleg, Panwaslu Minta Mereka Mundur dari Jabatannya

Ini regulasi baru, ketika mereka mendaftarkan diri ke KPU wajib hukumnya bagi mereka untuk mengundurkan diri," ujarnya

30 Kepala Desa di Kabupaten Bandung Siap Nyaleg, Panwaslu Minta Mereka Mundur dari Jabatannya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil pemilu legislatif 2014, di kantor KPU, Jakarta Pusat (9/5/2014). Sebanyak 10 partai lolos dan 2 partai tidak lolos ke parlemen serta hasil ini menetapkan PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu legislatif dengan jumlah suara 23 juta atau 18,95 persen. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Sekurangnya 30 orang kepala desa di Kabupaten Bandung akan ikut berlaga di pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bandung mengingatkan para kepala desa yang akan berlaga di pileg nanti agar segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardia mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung pada Rabu (4/7/2018) akan membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif yang akan bertarung di Pileg 2019.

Baca: Mantan PM Malaysia Najib Tun Razak Ditangkap Satgas Antikorupsi, Besok Dibawa ke Pengadilan

Salah satu syarat bakal calon anggota DPRD Kabupaten Bandung, kata Hedi, adalah warga negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan di antaranya tidak boleh merangkap jabatan dan diwajibkan mengundurkan diri dari jabatannya.

"Untuk menjadi calon anggota legislatif yang bersangkutan harus segera membuat surat pengunduran diri dari posisinya saat ini. Ini regulasi baru, ketika mereka mendaftarkan diri ke KPU wajib hukumnya bagi mereka untuk mengundurkan diri," ujarnya di Soreang, Selasa (3/6/2018).


Menurut Hedi, dilihat dari fenomena di lapangan di Kabupaten Bandung termasuk banyak kepala desa yang berniat akan mencalonkan dirinya menjadi anggota DPRD pada perhelatan pileg 2019.

"Dan syarat yang lebih baru lagi mereka yang mencalonkan diri sebagai caleg itu harus bukanlah mantan terpidana korupsi, kemudian juga bukan bekas pelaku kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba. Itu berdasarkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, walaupun Bawaslu RI sendiri memiliki versi lain mengenai hal itu," tuturnya.


Sementara Sekretaris Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Bandung, Hilman Yusuf saat dihubungi menuturkan sejauh ini sudah ada 30 lebih kepala desa di Kabupaten Bandung yang menyatakan akan mengikuti pemilihan legislatif 2019.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help