Caleg Banjiri PN Bale Bandung Minta Suket, Pegawai Pun Kewalahan, Ada Caleg yang Marah-marah

Staf dan SDM kami terbatas. Sementara pemohon banyak, dan ada yang tidak sabar bahkan ada juga yang sempat marah-marah

Caleg Banjiri PN Bale Bandung Minta Suket, Pegawai Pun Kewalahan, Ada Caleg yang Marah-marah
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Hingga Senin (2/7/2018) siang, ruang utama pelayanan Kantor Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung tampak disesaki bakal calon legislatif dari tiga wilayah Kota-Kabupaten Cimahi, Bandung dan Bandung Barat untuk memohon surat keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana, Senin (2/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BALEENDAH - Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung di Baleendah, Kabupaten Bandung dibanjiri pemohon Surat Keterangan (Suket) Tidak Pernah Sebagai Terpidana (TPST). Suket ini sebagai satu syarat para bakal calon legislatif untuk mencalonkan diri di DPRD Kota/Kabupaten, bahkan DPRD Provinsi dan Pusat.

Humas PN Bale Bandung Firza Ardiansyah menuturkan sejak seminggu ini ruang utama pelayanan PN Bale Bandung dipenuhi para bakal calon legislatif yang memohon Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana (TPST).

Baca: Kesal Ada Anggota Grup WhatsApp yang Selalu Mengoceh? Bungkam Pakai Cara ini

"Mulai ramai sejak seminggu ini, kami sampai kewalahan karena pelayanan untuk tiga wilayah, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan KBB (Kabupaten Bandung Barat), sementara pengadilan cuma satu. Petugasnya sampai susah istirahat, salat dan makan secara bergantian," tuturnya saat ditemui di kantornya.

Berdasarkan daftar registrasi, dalam seminggu, jumlah pemohon suket TPST ini sudah mencapai sekitar 300 hingga 400 surat. Dengan jumlah pemohon mencapai 50 hingga 100 orang per harinya.


"Surat keterangan ini sebagai syarat (bakal calon legislatif) untuk maju sebagai anggota legislatif baik di DPRD kota, kabupaten, provinsi dan pusat. Bahkan untuk calon BPD (perangkat desa) juga, sekarang harus ada surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana," tuturnya.

Pengajuan atau permohonan surat TPST ini dilakukan secara perorangan maupun kolektif dari tiga wilayah kota-kabupaten Bandung, Cimahi, dan Bandung Barat.

Untuk mendapatkan surat ini para pemohon harus melampirkan beberapa persyaratan. Di antaranya Surat Keterangan staf dan SDM kami terbatas. Sementara pemohon banyak, dan ada yang tidak sabar bahkan ada juga yang sempat marah-marah," Catatan Kepolisian (SKCK), KTP, pas foto, kartu keluarga, surat pengantar dari partai (jika melalui partai), surat permohonan dan surat pernyataan bermaterai.


"Salah satu dasar kami mengeluarkan surat ini (TPST) adalah adanya SKCK dari kepolisian. Ditambah persyaratan-persyaratan lainnya," katanya.

Kantor pelayanan PN Bale Bandung buka dari pukul 08.00-16.30. Dan Para pemohon ini akan dikenai biaya PNBP (penerimaan negara bukan pajak) sebesar Rp 5.000 per orang.

"Kami berharap para pemohon ini bersabar karena katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help