Home »

Video

Kuliner Bandung

VIDEO: Kedai Gedogan di Dago Bandung Sajikan Kopi Turkish yang Dimasak di Atas Pasir

DILIHAT dari tampilannya, kopi Turkish tidak jauh berbeda dari kopi lainnya, akan tetapi saat anda meminum kopi ini ada cita rasa...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari 

BAGI pecinta kopi, Anda harus datang dan nyobain kopi unik yang hanya ada di Kedai Kopi Gedogan yang berada di Jalan Dago, Kota Bandung.

Kopi unik ini diberi nama Kopi Turkish, karena dari proses pembuatan kopinya seperti negara asalnya, yakni dengan metode memasak di atas pasir, atau yang lebih dikenal Turkish Style.

Walaupun proses memasak kopi menggunakan Turkish Style, biji kopi yang digunakan di Kedai ini, asli kopi lokal yang langsung diambil di daerah Manglayang, Kabupaten Sumedang.

Saat kopi Turkish disajikan ke dalam gelas yang bertuliskan kedai Gedogan, tercium aroma bau kopi yang khas yang sudah dimasak menggunakan pasir tersebut.

Dilihat dari tampilannya, kopi Turkish tidak jauh berbeda dari kopi lainnya, akan tetapi saat anda meminum kopi ini ada cita rasa yang berbeda dari kopi lainnya, terasa bau kopi panggang yang membuat perbedaan tersebut. 

Mempunyai cita rasa kopi yang berbeda dari kopi lainnya, proses memasaknya juga yang di tonjolkan Kopi Turkish tersebut.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Turkish Style ini.

Pertama adalah dari segi ukuran kopi, yang mana proses penggilingan kopinya harus terasa halus.

Kedua, saat memasak kopi diatas pasir, gelas berbahan stanless yang digunakan harus diputar-putar terlebih dahulu di atas pasir selama kurang lebih dua hingga tiga menit sambil diangkat setiap 15 detik sekali. 

Terus Ketiga, komposisi kopi dan air harus dirakan pas, pada Kopi Turkish ini  menggunakan sebanyak kurang lebih 12 gram hingga 16 gram biji kopi, sedangkan air nya sekitar 300 ml.

"Pasir ini langsung di impor di negara Turki dan tidak boleh sembarangan menggunakan pasir lain, karena mempengaruhi ke rasa kopi tersebut," Ujar Melisa Owner Kedai Kopi Gedogan, Kamis, (28/6/2018) malam. 

Ada hal unik lagi di tempat pembuatan memasak kopi pasir unik ini, yaitu menggunakan gerobak sepeda berjenis Lowrider.

Dibelakangnya terdapat kotak gerobak pembuatan kopi pasir tersebut.

Ukuran gerobaknya sekitar 70 centimeter, serta kotak bahan gerobaknya berbahan kayu.

Gerobak sepeda lowrider ini menjadi salah satu ciri khas dari Kedai Kopi Gedogan.

Harga untuk satu gelas kopi Turkish ini dari harga Rp 15.000 sampai Rp. 25.000, harganya cukup terjangkau bagi anda suka ngopi.

Untuk jam operasional Kedai Gadogan dibuka setiap hari, pada pukul 15.00 WIB hingga 10.00 WIB. (*)

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help