Tribun Health

Bolehkah Langsung Makan Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya

Terkadang, ini bisa bikin dilema, apakah harus menahan lapar setelah olahraga atau tetap. . .

Bolehkah Langsung Makan Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya
net
Ilustrasi wanita berkeringat setelah berolahraga 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Merasa lapar setelah olahraga? Tentu bukan kamu saja yang merasakan hal ini. Hampir semua orang yang baru saja selesai beraktivitas, pasti akan merasa lapar dan ingin makan sesuatu.

Terkadang, ini bisa bikin dilema, apakah harus menahan lapar setelah olahraga atau tetap menuruti keinginan perut setelah olahraga.

Sebenarnya boleh tidak makan setelah olahraga? Atau haruskah menahan lapar agar sesi olahraga tidak sia-sia?

Apapun olahraga yang kamu lakukan, entah kardio atau latihan kekuatan otot, tetap menghabiskan energi. Maka itu, banyak orang yang kemudian merasa perut keroncongan setelah olahraga.

Sebenarnya, sah-sah saja jika kita makan setelah olahraga, bahkan kita sudah boleh makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai.

Tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras.

Olahraga yang sebelumnya dilakukan tidak akan sia-sia jika kita makan setelahnya. Pasalnya, ketika berolahraga, kita membakar cadangan lemak yang terpakai sebagai bahan energi.

Nah, makanan yang kita santap setelah olahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak menggantikan dibakar saat olahraga.

Makanan baru akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Sisanya baru akan menjadi lemak.  

Lagi pula, otot-otot kita membutuhkan energi dan makanan pengganti setelah bekerja keras. Dengan begitu, otot bisa pulih kembali dan kita pun mampu kembali melanjutkan aktivitas atau bahkan melakukan olahraga pada jadwal berikutnya.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help