Pilgub Jabar 2018

Survei LSI Denny JA, Pemenang Pilgub Jabar Sangat Ditentukan 39 Persen ''Soft Supporter''

Pada survei terbarunya yang diambil pada Juni 2018, elektabilitas Rindu 38,0 persen dan Deddy-Dedi 36,6 persen.

Survei LSI Denny JA, Pemenang Pilgub Jabar Sangat Ditentukan 39 Persen ''Soft Supporter''
tribunjabar/gani kurniawan
Debat Pilgub Jabar 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Beberapa hari menjelang masa pemilihan Pilgub Jabar 2018 pada 27 Juni nanti, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis bahwa elektabilitas pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi) dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mengalami penurunan.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menyebut pertarungan 4 pasangan kandidat Pilgub Jabar 2018 diprediksi diwarnai persaingan yang sangat ketat antara Rindu dan Deddy-Dedi.

Pada survei terbarunya yang diambil pada Juni 2018, elektabilitas Rindu 38,0 persen dan Deddy-Dedi 36,6 persen.

Dalam rilis survei Maret 2018, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi unggul tipis 43,2 persen disusul pasangan Rindu dengan 39,3 persen.


Dua pasangan lainnya, Hasanudin-Anton (Hasanah) yang naik elektabilitasnya menjadi 7,7 persen dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang juga naik sedikit menjadi 8,2 persen.

Kedua pasangan ini cukup sulit untuk bisa menyalip Rindu dan Deddy-Dedi dalam waktu yang tinggal tujuh hari ini.

"Siapa yang akan menjadi pemenang, sangat tergantung ke mana Iarinya suara pemilih cair, ragu, dan belum menentukan pilihan atau soft supporter yang jumlahnya masih mendominasi, yakni sebesar 39 persen," kata Toto di kawasan Jalan Citarum Kota Bandung, Kamis (21/6/2018).

Pada survei terbaru ini, pasangan Rindu yang juga turun 1,3 persen mulai menyalip Deddy-Dedi yang turun sekitar 6 persen. 

Baca: Duh! Enam Hari Jelang Pilgub Jabar, Warga Garut Hanya Tahu Dua Pasangan Calon Saja

Dari data yang seperti ini, katanya, masih sulit untuk menyebut siapa pemenang Pilgub Jabar 2018 karena keunggulan Rindu masih dalam margin of error 4,8 persen, termasuk dukungan yang tersebar di aneka segmen demografis pun seperti suku, agama, usia, pendidikan, tingkat penghasilan, pemilih partai, masih belum merata pada kandidat tertentu.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help