Lebaran 2018

Libur Lebaran, Objek Wisata di Bandung Selatan Diserbu Pengunjung

Tidak hanya objek wisata di Bandung utara, sejumlah objek wisata Bandung selatan juga. . .

Libur Lebaran, Objek Wisata di Bandung Selatan Diserbu Pengunjung
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Hingga H+3 lebaran arus lalulintas di Alun-alun Ciwidey Kabupaten Bandung terpantau ramai lancar oleh kendaraan wisatawan dan masyarakat lokal, Senin (18/6/2018). Jalur wisata Bandung Selatan ini mulai ramai dipadati kendaraan wisatawan pada H+2 lebaran, Minggu (17/6/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, CIWIDEY - Memasuki H+3 lebaran 2018, jalur wisata Bandung selatan Soreang-Ciwidey kembali dipadati kendaraan, Senin (18/6/2018).

Tidak hanya objek wisata di Bandung utara, sejumlah objek wisata Bandung selatan juga kembali diserbu wisatawan di musim libur lebaran kali ini.

Komandan Pos Pengamanan Alun-alun Ciwidey Iptu Joko P, melalui Perwira Pos Pengamanan (Papospam) Alun-alun Ciwidey Iptu Tatang menuturkan, kepadatan arus lalulintas jalur Soreang-Ciwidey ini mulai ramai pada H+2 lebaran kemarin, Minggu (17/08/2018).

"Pada Hari H lebaran hingga Sabtu kemarin arus lalu lintas jalur Soreang-Ciwidey masih sepi. Sementara sekarang arus lalu lintas sudah cukup padat tapi tetap lancar," ujarnya di Pospam Alun-alun Ciwidey, Senin (18/6/2018).

Tatang mengatakan, untuk titik rawan kemacetan di jalur Soreang-Ciwidey sendiri terjadi pada titik-titik keramaian seperti, stasiun pengisian bahan bakar (Pom Bensin), tempat wisata, dan restoran-restoran yang berada di pinggir-pinggir jalan, dan rest area.

"Untuk sekitaran pagi dari arah Bandung ke wilayah objek wisata rawan macet sekitar jam 10.00. Untuk pulangnya arus balik sekitar jam 04.00 hingga malam. Kalau siang cukup lancar," tuturnya.

Selain itu, kata dia, kemacetan yang terjadi di jalur ini diakibatkan oleh wisatwan yang turun secara bersamaan di sore hari mengakibatkan kemacetan cukup panjang di jalur wisata tersebut.

"Untuk itu saya menghimbau kalau mau balik dari Ciwidey cari jam-jam yang tidak cukup padat. Untuk menghindari kemacetan sekitar jam 2 jangan sore semua baru turun. Selain itu tidak ada jalan alternatif, disini hanya satu jalur saja," katanya.

Tatang menambahkan, untuk pengamanan jalur wisata Soreang-Ciwidey ini terdapat dua Pos Pengamana dan Pos Pelayanan Terpadu yakni di Alun-alun Ciwidey dan di Kawasan Wisata Kawah Putih.

Sementara Pos Pengaturan Lalu lintas sendiri terdapat di Rancabali.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help