Lebaran 2018

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Jumat 15 Juni 2018

Kami menerima 12 kesaksian setidaknya menjelang Sidang Isbat dari pelaku rukyatul hilal dari seluruh Indonesia

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Jumat 15 Juni 2018
Rina Ayu/Tribunnews.com
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Ketua Komisi VIII Ali Taher, Ketua MUI Ma'aruf Amin. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Idulfitri 2018/1439H jatuh pada Jumat (15/6/2018).

Penetapan Idulfitri 1439H didasarkan pada hasil Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin di Kementerian Agama, MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018) petang.

"Sidang Isbat telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada 15 juni 2018. Dengan demikian besok hari kita tidak lagi berpuasa. Seluruh umat muslim akan menunaikan salat Ied," ujar Menag Lukman.

Lukman menuturkan, kesepakatan Sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan.


"Kami menerima 12 kesaksian setidaknya menjelang Sidang Isbat dari pelaku rukyatul hilal dari seluruh Indonesia. Manado, Palu, Gresik, Yogyakarta, Jakarta Utara, di mana 12 pelaku rukiyah yang bertugas di bawah sumpah telah melihat hilal," kata Lukman Hakim Syaifuddin.

Sidang Isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal dari 97 titik yang tersebar di 34 provinsi oleh Cecep Nurwendaya Peneliti Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama.

"Ada referensi bahwa hilal Syawal 1439 H hari Kamis 14 Juni 2018 dapat teramati dari seluruh Indonesia," ujar Cecep.

Baca: Diancam Cak Lontong Soal Salahgunakan Video, Sekjen PKB: Maafkan Saya atas Kekhilafan

Ikut hadir pula Ketua MUI Ma'ruf Amin, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Imam Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, serta para Duta Besar Negara sahabat.

Hadir juga perwakilan dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help