Mudik Lebaran 2018

Tak Hanya Bantu Polisi Mengatur Lalin, Saka Bhayangkara Polres Cimahi Juga Mengaji Di Posko

Ketika arus lalu lintas lengang, anggota satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Polres Cimahi memanfaatkan waktu luang itu dengan membaca Al-quran.

Tak Hanya Bantu Polisi Mengatur Lalin, Saka Bhayangkara Polres Cimahi Juga Mengaji Di Posko
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Anggota Saka Bhyangkara Mengaji Di Posko 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sejak pagi anggota satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Polres Cimahi terlihat telah bersiaga di Posko untuk mengamankan arus lalu lintas saat mudik lebaran 2018 di sekitar Alun-alun Cimahi.

Siswa yang tergabung dari anggota pramuka SMA/SMK yang ada di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat itu dilibatkan untuk membantu pihak kepolisian Polres Cimahi untuk mengatur arus lintas.

Mereka memakai pakaian pramuka lengkap dengan memakai rompi anti peluru yang biasa dipakai aparat kepolisian saat berjaga.


Ketika arus lalu lintas masih lengang, mereka tak hanya berdiam diri di poskonya, tetapi mereka memanfaatkan waktu luang itu dengan membaca Al-quran.

Meski terdengar suara bising kendaraan, mereka teelihat tetap khusyu membaca Al-quran secara bersama-sama di Posko tersebut.

Mereka adalah Yadi Kuswandi, siswa SMK 2 Cimahi, Muhammad Ridho Julian, siswa SMAN 1 Ngamprah dan Raihan Lutfi Maulana, siswa SMAN 4 Cimahi.

Yadi Kuswandi mengaku, ketika arus lalu lintas masih lengang, ia dengan teman yang lainnya kerap melakukan tadarus di posko dan mengikuti kajian di Masjid Agung Cimahi.

Baca: Sopir dan Pemudik Dapat Periksa Kesehatan Gratis di Terminal Leuwipanjang

"Biasanya macet di jalan ini sekitar pukul 15.00 WIB dan saat mau buka puasa, jadi kita gak ada kegiatan sehingga diisi dengan kegiatan tadarusan," ujar Yadi saat ditemui di Posko Saka Bhayangkara di Alun-alun Cimahi, Rabu (13/6/2018).

Kegiatan tadarus di Posko tersebut merupakan ide mereka sendiri agar menjadi ladang pahala, terlebih saat bulan Ramadan seperti saat ini.

Dalam membaca Al-quran itu, setiap harinya mereka memiliki target sendiri-sendiri lantaran waktunya bentrok dengan mengatur arus lalu lintas.

"Jadi pukul 08.00 WIB kita apel, nah habis apel itu kan waktunya kosong jadi mending dimanfaatkan dengan tadarusan. Habis Ashar kita baru mengatur lalu lintas hingga pukul 17.30 WIB," katanya.

Di Posko tersebut, sedikitnya 15 anggota Saka Bhayangkara Polres Cimahi disiagakan dan hampir semuanya yang muslim kerap membaca Al-quran, sedangkan yang non muslim membaca buku.

"Selain mengaji di Posko kita juga dagang takjil, karena kita disini tanpa dana. Kalau bagi-bagi takjil biasanya dari kwarda," katanya.

Baca: Polisi yang Bantu Fitri Melahirkan di Rest Area Tol Cipularang Dapat Penghargaan dari Kapolda Jabar

Baca: Mengais Rezeki dengan Menjadi Perajin dan Penjual Anyaman Ketupat Dadakan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help