SOROT

Jangan Menipu! Mudik Bakal Aman

Dalam sepekan ini, para petugas berhasil melucuti bus-bus yang tidak layak beroperasi. Bus-bus itu berbahaya jika dipaksakan

Jangan Menipu! Mudik Bakal Aman
Dok
Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

Oleh Kisdiantoro
Wartawan Tribun Jabar

Para petugas di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang pantas mendapatkan apresiasi.

Kejelian dalam melakukan pengecekan sejumlah bus yang hendak memberangkakan para pemudik, menghindarkan terjadinya kecelakaan yang bisa saja menelan korban nyawa.

Dalam sepekan ini, para petugas berhasil melucuti bus-bus yang tidak layak beroperasi. Bus-bus itu berbahaya jika dipaksakan mengangkut pemudik karena rem tangan tidak berfungsi, lampu-lampu tidak menyala, dan ada kaca yang pecah.

Sebanyak 20 bus tak laik jalan itu dikandangkan untuk diperbaiki. Jika bus-bus tersebut sudah diperbaiki, maka diperbolehkan beroperasi.


Sebagai informasi, jumlah pemudik lebaran tahun ini diprediski mengalami peningkatan. Bertambahnya jumlah pemudik seiring bertambahnya sarana mudik lebaran 2018, mulai dari jalan tol, perbaikan jalan-jalan alternatif, hingga mulai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajari.

Dalam sebuah kesempatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Hindro Surahmat, menyebut peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan bus meningkat 1 persen.

Meski angka riilnya belum ketahuan, mengamankan perjalanan mudik menjadi sangat penting karena akan ada moda bus yang wara wiri masuk terminal dan memenuhi jalanan.

Bagi pebisnis jasa angkutan, penambahan jumlah pemudik adalah peluang mendapatkan keuntungan. Bagi pebisnis nakal, terkadang keamanan penumpang diabaikan.

Baca: Dana Untuk Program Mudik Gratis, Dishub Kota Cimahi Anggarkan Rp 160 Juta

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help