Mudik Lebaran 2018

Polres Garut Akui Delman Sebagai Penyebab Kemacetan

Polres Garut menilai, delman yang beroperasi di jalur Limbangan - Malangbong dianggap menjadi salah satu penghambat arus lalu lintas.

Polres Garut Akui Delman Sebagai Penyebab Kemacetan
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Delman di Garut 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kepolisian Resor Garut menilai, delman yang beroperasi di jalur Limbangan - Malangbong dianggap menjadi salah satu penghambat arus lalu lintas.

Dari informasi yang berhasil diterima Tribun Jabar pada H-4 lebaran 2018, arus lalu lintas di jalur tersebut kerap mengalami kepadatan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Rd Erik Bangun Prakasa, menyatakan, keberadaan delman di jalur mudik pun memperlambat laju kendaraan.

Baca: Ari Irham Akui Jadi Pemeran Utama adalah Pengalaman Pertamanya, After Met You Difilmkan

Baca: Ini Alasan Cak Imin Ungkap Dugaan Amien Rais Lebih Kuat dari Prabowo

Sehingga, kendaraan yang sebagian besar merupakan kendaraan umum dan pemudik ini hanya bisa melaju dengan kecepatan tak lebih dari 15 kilometer perjam.

"Sehingga bisa memgakibatkan terjadinya antrian," kata Erik di Pos Pelayanan Terpadu Polres Garut, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (11/6/2018).

Empat hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018, delman yang berada sejumlah wilayah di Kabupaten Garut, mulai hari ini dilarang beroperasi hingga H+3.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, delman yang dilarang beroperasi tersebut berada di Kecamatan Limbangan, Malangbong, Kadungora, Leles, Tarogong Kidul, dan Tarogong Kaler.

Dari enam kecamatan tersebut, sebanyak 631 kusir delman pun mendapatkan uang kompensasi sebesar Rp 75 ribu perhari yang dibagikan di setiap kecamatan pada Jumat (8/6/2018).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, menyebutkan, penghentian sementara para kusir delman ini, berdasarkan arahan dari pusat pimpinan pemerintahan Kabupaten Garut.

"Ini adalah tahun ke-empat delman tidak boleh beroperasi selama arus mudik lebaran," kata Suherman. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help