Pengembalian Dana Bergulir Tahap II KCR bank bjb untuk Pemprov Jabar Capai Rp 50 Miliar

Kebijakan pemerintah dalam hal memberikan layanan kepada UMKM salah satunya adalah dengan mewajibkan setiap bank mengucurkan pembiayaan UMKM.

Pengembalian Dana Bergulir Tahap II KCR bank bjb untuk Pemprov Jabar Capai Rp 50 Miliar
ISTIMEWA
Bank bjb mengembalikan Dana Bergulir Tahap II Kredit Cinta Rakyat untuk Pemprov Jabar sebesar Rp 50 miliar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kebijakan pemerintah dalam hal memberikan layanan kepada UMKM salah satunya adalah dengan mewajibkan setiap bank mengucurkan pembiayaan UMKM.

Sejalan dengan hal tersebut, bank bjb mewujudkannya dengan menghadirkan berbagai produk layanan pembiayaan UMKM yang variatif dengan suku bunga kompetitif.

Per Maret 2018 kredit yang disalurkan bank bjb tumbuh sebesar 26 persen year on year (yoy) atau setara dengan Rp 364 miliar dari total keseluruhan pembiayaan yang dilakukan oleh bank bjb.

Baca: VIDEO: Petugas Gabungan Dinas Perhubungan Cimahi Jaring Bus Tak Laik Jalan

Baca: Link Live Streaming PS Tira Vs Persija Jakarta, Macan Kemayoran Berjuang Keluar dari Dasar Klasemen

Potensi tumbuh kembang UMKM di Jabar sangatlah tinggi, terlebih lagi dengan telah diluncurkannya program penciptaan 100.000 wirausaha baru oleh Pemprov Jabar yang sejalan dengan program bank bjb, dimana sejak tahun 2011 bank bjb telah bekerjasama dengan Pemprov Jabar dengan mengucurkan program pembiayaan dengan nama Kredit Cinta Rakyat atau KCR Jawa Barat.

Penyaluran KCR dilaksanakan melalui 5 tahapan dengan total Rp 385 miliar, dimana tahap I sebesar Rp 165 miliar telah dilakukan pengembalian oleh bank bjb kepada Pemprov Jabar pada Desember 2016. Tahap II sebesar Rp 50 miliar yang pengembaliannya dilakukan Jumat (8/6/2018).

"Tahap III akan berakhir pada Bulan Desember 2018 sebesar Rp 20 miliar, tahap IV akan berakhir pada bulan September 2019, dan tahap V akan berakhir pada bulan November 2020 sebesar Rp 50 miliar," kata Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan, melalui Senior Vice President, Hakim Putratama, dalam keterangan tertulisnya kepada Tribun Jabar, Jumat (8/6).


Mengacu pada kerjasama penempatan dana bergulir oleh Pemprov Jabar di bank bjb, dimana untuk tahap kedua telah berakhir, maka secara sistem dana tersebut telah kreditkan ke rekening kas daerah Provinsi Jabar pada tanggal 11 April 2018 dengan nilai yang utuh yaitu sebesar Rp 50 miliar.

Keberhasilan program ini tak lepas dari kerjasama yang sangat baik antara Pemprov Jabar, Dewan Legislatif dan bank bjb yang telah bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi terkait implementasi program.

"Merujuk pada besarnya manfaat program ini terhadap UMKM Jawa Barat diharapkan kedepan program ini tetap dapat berjalan," harap Irfan.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help