Home »

Tasik

Lebaran 2018

Masyarakat Diminta Lakukan Pola Konsumsi Sesuai Kebutuhan

Untuk membantu menekan inflasi saat menjelang Lebaran, masyarakat bisa melakukan. . .

Masyarakat Diminta Lakukan Pola Konsumsi Sesuai Kebutuhan
TRIBUN JABAR/SYARIF ABDUSSALAM
Euis memotong daging sapi yang dijualnya di kiosnya di Pasar Guntur, Garut Senin (15/7/2013). Di Pasar Induk ini harga daging sapi yang sempat melonjak sampai Rp 100 ribu per kilogram pada awal Ramadan, turun menjadi Rp 85 ribu per kilogram, enam hari kemudian. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri Herdiansah

TRIBUNJABARAR.ID, TASIKMALAYA - Untuk membantu menekan inflasi menjelang Lebaran, masyarakat bisa melakukan melalui diversifikasi pola konsumsi pangan sebagai alternatifnya.

Kepala Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Yusi Yuliana, menjelaskan diversifikasi ini ialah masyarakat mengonsumsi komoditas pokok secara lebih variatif dan tidak terpaku pada satu jenis komoditas.

Ia memberikan contoh dua jenis komoditas yang sering meningkat konsumsinya menjelang Lebaran. Kedua komoditas tersebut adalah daging dan telur ayam.

Menurutnya komoditas ini, menjadi instrumen penyumbang inflasi yang cukup signifikan saat momen menjelang Lebaran.

"Imbasnya harga daging dan telur ayam akan jadi melambung," kata Yusi, Kamis (7/6/2018).

Efeknya inflasi akan sulit dihindari karena kenaikan harga daging dan telur ayam akan ikut menaikan harga komoditas yang lain.

"Antara satu komoditas dan yang lain itu saling terkait, apalagi komoditas turunannya. Seperti contoh, Januari, beras itu penyumbang inflasi terbesar sampai 1%. Lalu penyumbang inflasi terbesar Februari itu bubur ayam," kata Yusi.

Mengingat hal tersebut, Yusi menuturkan, diversifikasi pola konsumsi ini menjadi hal yang bisa dilakukan agar level kenaikan harga secara umum bisa dihindari.

Dia juga mengimbau agar masyarakat melakukan pola konsumsi sesuai kebutuhan.

"Masyarakat bisa berkonsumsi seperlunya dan bervariasi, jangan itu-itu terus. Pengendalian inflasi ini bukan hanya tugas kami di BI, tapi juga tugas masyarakat yang bisa membantu misal belanja bijak dan konsumsi sewajarnya," kata Yusi.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help