Bank BJB Kembalikan Dana Bergulir Tahap II sebesar Rp 50 Miliar

Sebelumnya, BJB sudah mengembalikan dana tahap I sebesar Rp 165 miliar pada Desember 2016 dan kini mengembalikan sebesar Rp 50 miliar.

Bank BJB Kembalikan Dana Bergulir Tahap II sebesar Rp 50 Miliar
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
BJB TELLER 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bank BJB mengembalikan dana bergulir tahap II Kredit Cinta Rakyat (KCR) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Bank BJB sudah mengembalikan dana tahap I sebesar Rp 165 miliar pada Desember 2016 dan kini mengembalikan sebesar Rp 50 miliar.

Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Hakim Putratama mengatakan Bank BJB sudah bekerja sama dengan Pemprov Jabar mengucurkan program pembiayaan KCR sejak 2011.

Adapun tahap III KCR akan berakhir pada Desember 2018 sebesar Rp 20 miliar, tahap IV pada September 2019 dan tahap V pada November 2020 sebesar Rp 50 miliar.

Baca: Link Live Streaming Barito Putera Vs Sriwijaya FC, Rebutan ke Puncak Klasemen Liga 1 2018

Baca: Bandara Kertajati Belum Layani Penerbangan Haji dan Umrah Tahun Ini, Padahal Fasilitas Sudah Siap

“Penyaluran KCR sendiri dilaksanakan melalui lima tahapan dengan total Rp 385 miliar,” ujar Hakim di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Keberhasilan program KCR, katanya, tidak lepas dari kerja sama yang sangat baik antara Pemprov Jabar, DPRD Jabar, dan Bank BJB yang telah bersama-sama memonitor dan mengevaluasi implementasi program.

Hakim mengharapkan program ini terus berlanjut mengingat sangat bermanfaat bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jabar.


Hingga akhir Maret 2018, penyerapan dana KCR di Jabar mencapai Rp 557 miliar yang diberikan kepada 16.403 pelaku UMKM.

Adapun penyerapan tenaga kerja mencapai 37.832 orang.

Langkah strategis lain dilakukan Bank BJB salah satunya melakukan proses pelatihan dan pendampingan melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT).

Sehingga permodalan yang diterima menjadi tepat guna dan berujung pada kesejahteraan UMKM.

“Keberhasilan program ini tak lepas dari kerja sama yang sangat baik antara pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dewan Legislatif dan Bank BJB yang telah bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi terkait implementasi program. Merujuk pada besarnya manfaat program ini terhadap UMKM Jawa Barat diharapkan ke depan program ini tetap dapat berjalan,” katanya. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved