Mudik Lebaran 2018

PT Jasa Marga Prediksi Tahun Ini Sekitar 1,4 Juta Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jakarta

Terkait proyek LRT dan Tol Japek Elevated di sepanjang ruas Tol Japek, proyek itu akan dihentikan. . .

PT Jasa Marga Prediksi Tahun Ini Sekitar 1,4 Juta Kendaraan Pemudik Tinggalkan Jakarta
Tribunjabar/Mega Nugraha
Kemacetan di Tol Jakarta Cikampek pada arus balik tahun lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Operator jalan tol, PT Jasa Marga memprediksi ada kenaikan volume lalu lintas sebesar 3 persen saat mudik H-8 hingga H-1 Lebaran 2018 dibanding tahun lalu yakni sebesar 1,4 juta kendaraan.

Angka 1,4 juta kendaraan itu akan meninggalkan DKI Jakarta dan sekitarnya dengan distribusi 54% menuju timur melalui Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang terdiri dari 60%-nya menuju jalur pantura dan 40 persennya melalui jalur tengah dan selatan.

"Sedangkan yang akan melalui Jalan Tol Jagorawi sekitar 18% dan menuju arah Barat melalui Jalan Tol Jakarta-Tangerang sekitar 28%," ujar Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru melalui keterangan tertulisnya yang diterima Tribun, Kamis (7/6).

Ia menjelaskan, dari sisi pelayanan transaksi, khusus untuk lebaran 2018, pihaknya menyiapkan 1163 titik gardu tol operasi, peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan jumlah gardu operasi di beberapa Gerbang Tol (GT) diantaranya GT Cengkareng, GT Cileunyi, GT Pasteur, GT Manyaran, GT Banyumanik, pemanfaatan 121 unit mobile reader, 56 titik lokasi top up tunai, 25 titik layanan gerak di rest area yang bekerjasama dengan perbankan

"Dari sisi pelayanan lalu lintas, kami mengoptimalisasi kapasitas lajur dengan rekayasa contraflow di Ruas Jakarta-Cikampek, distribusi beban lalu lintas melalui pengalihan arus lalu lintas situasional atas diskresi pihak kepolisian," ujarnya.

Terkait proyek LRT dan Tol Japek Elevated di sepanjang ruas Tol Japek, proyek itu akan dihentikan sementra mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Adapun untuk pengaturan waktu operasi angkutan barang oleh Kementerian Perhubungan pada H-3 hingga H-1 dan H+6 hingga H+8 lebaran.

Selain itu, perusahaan plat merah ini juga menyiapkan 25 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 7 Tempat Istirahat (TI), 14 Parking Bay, dan 21 Tempat Istirahat Sementara (TIS) di seluruh ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga.

"Kami juga memberikan insentif kepada para pemudik diskon tarif tol sebesar 10% pada periode arus mudik tanggal 13 Juni - 14 Juni 2018 (H-2 dan H-1) dan arus balik tanggal 18 - 19 Juni 2018 (H+2 dan H+3," katanya. (Mega Nugraha)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help