Mudik Lebaran 2018

32 CCTV Siap Pantau Arus Mudik dan Balik di Kota Tasikmalaya

Sebanyak 32 kamera CCTV siap memantau pergerakan arus lalu lintas di Kota Tasikmalaya selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

32 CCTV Siap Pantau Arus Mudik dan Balik di Kota Tasikmalaya
Tribun Jabar/ Isep Heri Herdiansah
Suasana pemantauan lalu lintas di Ruang Operator Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Tasik, Kamis (7/6/2018) Siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Sebanyak 32 kamera closed circuit television (cctv) siap memantau pergerakan arus lalu lintas di Kota Tasikmalaya selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Petugas Operator Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Tasik, Dinda Fulia, mengatakan, sebanyak 16 kamera pemantau terpasang di sejumlah titik di persimpangan jalur dalam Kota Tasikmalaya.

"Di antaranya, di beberapa jalur pusat keramaian kota semisal di Jalan Waskita Kusumah, Jalan Nitra Batik, Hz Mustofa, di Persimpangan Alun-alun Kota, Taman Kota, Jalan Sutisna Senjaya dan beberapa jalur lainnya," tuturnya kepada Tribun Jabar saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/6/2018).


Selanjutnya, kamera pemantau juga terpasang di 16 titik di jalur Nasional, yakni di jalan arah Indihiang menuju Bandung dan perbatasan Ciamis.

Sementara itu masih ada beberapa persimpangan yang belum di lengkapi kamera pemantau.

"Belum ada itu di persimpangan Padayungan, Jalan Rumah sakit, terakhir tahun ini pengadaan di titik Gunung Sabelah, tidak menutup kemungkinan tahun depan akan ada penambahan" ujarnya.

Baca: Ini Kondisi Jenazah Bayi Kembar Saat Ditemukan Warga di Antara Sampah, Mengenaskan

Dia menjelaskan, jika pemudik nantinya ingin mengetahui pantauan lalin seputaran Kota Tasikmalaya bisa mengakses melalui gawai di
atcs.tasikmalayakota.go.id/.

Dia juga mengatakan, selain dapat memantau melalui camera CCTV juga bisa mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi dalam keadaan tertentu.

Di antaranya mengatur traffic line, semisal memberikan lampu hijau pada kendaraan prioritas seperti Pemadam Kebakaran, Ambulance, VVIP Konvoi dan lain sebagainya.

Baca: Terkait Penggunaan Mobil Dinas, ASN Cimahi Diimbau Harus Ikuti Aturan

“Termasuk menyampaikan informasi kondisi lalu lintas, alternatif lintasan, rekaman data lalin kejadian kecelakaan dan lain-lain. Hal yang lebih memiliki keunggulan yaitu dapat mengingatkan masyarakat ketika datang waktu solat lima waktu,” tandasnya.

Ada 14 traffic line yang bisa dikendalikam dari ruang ATCS ini, dan selama Ramadan operator memutarkan lantunan muratal Alquran serta kumandang Adzan pada lima waktu salat termasuk Magrib.

Baca: Ruben Onsu Bocorkan Percakapan WA dengan Istrinya, Isinya Romantis Banget

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help