Kuliner Bandung

The Awiligar, Menikmati Kuliner dengan Pemandangan Gemerlap Bandung

BERWISATA kuliner di Bandung kini tak lagi hanya berujung pada cita rasa. Keindahan pemandangan saat bersantap...

The Awiligar, Menikmati Kuliner dengan Pemandangan Gemerlap Bandung
ISTIMEWA
The Awiligar, sebuah tempat nongkrong baru yang berada di Bukit Awiligar, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Bandung. 

BERWISATA kuliner di Bandung kini tak lagi hanya berujung pada cita rasa. Keindahan pemandangan saat bersantap juga menjadi faktor dalam menentukan kepuasannya. Kedua hal itu akan berpadu di The Awiligar, sebuah tempat nongkrong baru yang berada di Bukit Awiligar, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Bandung.

Letaknya tepat di atas bukit, hanya sekitar 200 meter setelah Hotel The Clove Garden. Perjalanan menyusuri jalan sempit Awiligar akan sepadan dengan pemandangan yang akan didapat di tempat ini.

Karena berupa bukit, di puncak Awiligar kita bisa menikmati pemandangan cekungan Bandung, yang bisa jelas terlihat dari timur ke barat dan juga wilayah selatan dengan jajaran pegunungan di cakrawala. Sangat mengasyikan menikmati pemandangan itu di sore yang cerah, apalagi jika lembayung merah menyertai terbenamnya matahari.

Itu sebabnya, para pengunjung The Awiligar kebanyakan adalah para “pemburu sunset”. Itu karena pemandangan matahari tebenam di tempat ini sangat memukau.

Untuk yang berencana menghabiskan liburan di Bandung, The Awiligar bisa jadi alternatif liburan yang menyenangkan, murah, juga mudah didatangi. Dengan suasana dan pemandangan yang tak kalah dengan kawasan Lembang di utara Bandung atau Caringin Tilu wilayah timur, pengunjung tak perlu pergi jauh dari pusat kota.

Akses ke The Awiligar
Untuk mencapai kafe The Awiligar, bisa dicapai dari Taman Makam Pahlawan Cikutra ke arah utara. Kawasan itu berupa bukit yang puncaknya bertemu dengan kawasan Dago Resort dan kawasan Bojong Koneng.

Jalan masuknya melalui Jalan Cukang Kawung, sekitar 300 meter arah barat Taman Makam Pahlawan. Dari sana, tinggal ikuti jalan itu sekitar 2 kilometer ke utara. Dari pusat kota Bandung ke The Awiligar bisa ditempuh hanya 30 menit dengan mobil atau sepeda motor.

Jika sudah mencapai Hotel The Clove Garden, perjalanan dapat diteruskan ke utara sekitar 200 meter. Tempat parkir yang luas akan sangat leluasa untuk bersantai di kafe ini.

Kuliner andalan
Pengunjung di The Awiligar tidak hanya disuguhi pemandangan mengasyikkan, tapi juga bisa menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang enak dengan harga yang ramah. Masakan andalan di The Awiligar adalah rice bowl (nasi yang disajikan di dalam mangkuk).

Rice bowl ini disajikan dengan pilihan topping daging sapi atau daging ayam dengan berbagai jenis saus: mulai dari saus stroganof a la Rusia, saus teriyaki a la Jepang, sampai saus lada hitam yang pedas.

Pilihan makanan tradisionalnya pun tak kalah menggoda, mulai dari nasi goreng sambal matah sampai dengan nila goreng sambal cobek. Nasi goreng sambal matah rasanya pedas menyegarkan, merupakan kreasi dapur The Awiligar yang mencampurkan nasi goreng dengan sambal matah a la Bali, dipadu dengan potongan daging ayam, telur, dan kerupuk.

Nila goreng bumbu cobeknya pun sangat menggiurkan. Ikan nila direndam dalam bumbu kunyit, lalu digoreng sampai renyah. Dengan cara itu, ikan nila bisa dimakan tak tersisa karena daging, tulang, sampai bagian kepalanya pun sangat renyah dan gurih.

Nila goreng ini sangat cocok jika dipadu dengan sambal terasi yang ditumbuk bersama daun kemangi. Kenikmatan melahap nila goreng sambal cobek itu terasa sangat pas dengan pemandangan alam yang terhampar luas.

Minuman yang ditawarkan pun sangat beragam. Yang menjadi andalan adalah teh atau kopi yang diracik dengan rempah-rempah. Rasanya manis, gurih, dan hangat di perut. Minuman itu sangat cocok untuk udara malam Awiligar yang dingin. Untuk siang hari yang terik, pilihan minumannya bisa berupa minuman dingin seperti es teh lemon atau mojito strawberry.(*)

Penulis: Dicky Fadiar Djuhud
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help