EEDays 2018 Teknik Elektro ITB, Wadah Mahasiswa Tunjukkan Produk Rekayasa Mereka

Even ini melibatkan sekitar 138 mahasiswa dengan 46 topik perancangan yang dilakukan mahasiswa dan sivitas akademika

EEDays 2018 Teknik Elektro ITB, Wadah Mahasiswa Tunjukkan Produk Rekayasa Mereka
Tribun Jabar/ Yongky Yulius
Program studi teknik elektro ITB menyelenggarakan Electrical Engineering Days (EEDays) 2018 di Aula Timur ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung mulai Selasa-Kamis (22-24/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Program studi teknik elektro ITB menyelenggarakan Electrical Engineering Days (EEDays) 2018 di Aula Timur ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung mulai Selasa-Kamis (22-24/5/2018).

"EEDays adalah suatu even tahunan yang diselenggarakan program studi teknik elektro ITB. Acara utama even ini adalah sidang dan pameran tugas akhir mahasiswa teknik elektro. Kegiatan ini juga akan mengundang mahasiswa dari universitas lain dan para pelajar SMU se Bandung Raya," kata Kaprodi Sarjana Teknik Elektro STEI ITB, Arif Sasongko, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima.

Even ini melibatkan sekitar 138 mahasiswa dengan 46 topik perancangan, serta mahasiswa program pascasarjana dan sivitas akademika STEI dan ITB pada umumnya.


Pada EE Days, ujar Arif, para mahasiswa tingkat akhir program studi teknik elektro akan menghadapi evaluasi sidang tugas akhir di depan para penguji dari dosen dan kalangan profesional.

Mahasiswa akan dievaluasi proses problem solving dari sebuah engineering problem yang menjadi topik tugas akhirnya.

Topik dan pengerjaan tugas akhir sendiri dirancang sedemikian rupa sehingga harus dikerjakan terintegrasi dalam sebuah tim kerja, sehingga kerjasama tim para mahasiswa dapat dilatih dan dikembangkan.

"Mahasiswa tingkat akhir harus merancang suatu produk rekayasa atau engineering product untuk memecahkan masalah yang nyata menggunakan metodologi yang sistematis," kata Arif.

EEDays, sambungnya, merupakan bagian dari kegiatan akademik program studi untuk mencapai tujuan pendidikannya dan sekaligus acara publik yang menjadi wadah mahasiswa, alumni, dan industri berinteraksi.

Baca: Tim Advokasi Deddy Mizwar Akan Laporkan KPI Ke Kepolisian, Ternyata Karena Ini

"Program ini memiliki tiga tujuan pendidikan yang hendak dicapai bagi para lulusannya. Yaitu, sukses berkarir dalam profesi engineering, berkualifikasi untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan sukses menyelesaikan pendidikannya, dan memiliki kepemimpinan dan peranan aktif dalam dunia industri, pemerintahan, atau pendidikan di tingkat Asia Pasifik," ujar Arif.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di lokasi, Rabu (23/5/2018), sejumlah stan pameran tugas akhir mahasiswa berwarna putih tampak berderet.

Karya tugas akhir dipamerkan di masing-masing stan oleh mahasiswa-mahasiswa yang merancangnya.

Mengenakan pakaian rapi, sejumlah mahasiswa terlihat melayani pertanyaan pengunjung EEdays yang kebanyakan adalah mahasiswa.

Baca: Ini 5 Fakta Menarik Seputar Masjid Mungsolkanas, Masjid Tertua di Kota Bandung

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Seli Andina Miranti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help