Masjid Bergaya Artdeco Ini Miliki Banyak Peran Selama Sejarah, Mulai dari Benteng hingga Dapur Umum

Dari informasi, Masjid Asyuro yang berada lingkungan Pondok Pesantren Cipari, memiliki sejarah sebagi pusat syiar agama islam di Kabupaten Garut.

Masjid Bergaya Artdeco Ini Miliki Banyak Peran Selama Sejarah, Mulai dari Benteng hingga Dapur Umum
tribun jabar/ hakim baihaqi
Masjid Asyuro, masjid bergaya artdeco, yang berada lingkungan Pondok Pesantren Cipari, Kampung Cipari, Desa Sukarasa, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, memiliki sejarah sebagi pusat syiar agama islam di Kabupaten Garut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Di balik megahnya masjid Asyuro yang berada di Kampung Cipari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, ternyata masjid tersebut menjadi saksi pertempuran pada masa lampau.

Dibangun pada 1933, masjid bergaya artdeco tersebut dibangun oleh Abi Kusno Cokrosuryo dan berasal dari tanah wakaf seorang dermawan, yakni Haji Abdul Kudus dan Kyai Haji Yusuf.

Beberapa tahun lalu, saat era sebelum kemerdekaan, selain digunakan sebagai rumah ibadah atau kegiatan pesantren, masjid ini menjadi pusat pertahanan.


Pada zaman kolonial, selain sebaga tempat latihan perang dan pertahanan, masjid ini pun sebagai saksi berdinya Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) cabang Garut.

Ketua DKM Masjid Asyuro, Dadang Priatna, mengatakan, sebelum era kemerdekaan, masjid tersebut digunakan sebagai sarana latihan bagi para pejuang.

"Pada era itu digunakan juga sebagai dapur umum," kata Dadang Priatna saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (22/5/2018).

Pada zaman pemberontakan DI/TII, Masjid Asyuro pun menjadi tempat pengungsian bagi para pejuang serta keluarga setelah hijrah dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di zaman G30S/PKI, tempat itu menjadi benteng pertahanan untuk melawan para pemberontak Partai Komunis Indonesia dan dapur umum.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved