Desain Unik Masjid Asyuro Menarik Perhatian Wisatawan, Bahkan Ada dari Jepang

Sejumlah mahasiswa dari kampus ternama di Indonesia datang ingin mengetahui masjid saksi sejarah syiar islam di Garut.

Desain Unik Masjid Asyuro Menarik Perhatian Wisatawan, Bahkan Ada dari Jepang
tribun jabar/ hakim baihaqi
Masjid Asyuro, masjid bergaya artdeco, yang berada lingkungan Pondok Pesantren Cipari, Kampung Cipari, Desa Sukarasa, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, memiliki sejarah sebagi pusat syiar agama islam di Kabupaten Garut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Masjid Asyuro di Kampung Cipari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, memiliki desain artdeco yang menyerupai bangunan pada masa kolonial Belanda.

Hal tersebut lah yang menjadi daya tarik bagi pelancong lokal hingga mancanegara untuk melihat salah satu masjid tertua di Kabupaten Garut.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Asyuro, Dadang Priatna, mengatakan, warga kebangsaan Jepang telah beberapa kali datang ke Masjid ini.


"Orang - orang tersebut menganggap bahwa masjid itu adalah bangunan haritage," kata Dadang melalui sambungan telepon, Selasa (22/5/2018).

Selain itu, Dadang mengatakan, sejumlah mahasiswa dari kampus ternama di Indonesia pun datang ingin mengetahui masjid saksi sejarah syiar islam di Garut.

"Mereka datang dan menjadikan masjid tersebut sebagai objek penelitian," katanya.

Masjid Asyuro yang berada lingkungan Pondok Pesantren Cipari, memiliki sejarah dan menjadi salah satu pusat syiar agama islam di Kabupaten Garut.

Berdiri kokoh di tengah komplek pesantren dan permukiman penduduk, siapa yang menyangka bangunan tersebut adalah rumah ibadah bagi umat muslim, yakni masjid.

 Dari kejauhan, bangunan masjid tersebut tampak menyerupai bangunan khas zaman belanda bernuansa artdeco yang didominasi oleh cat berwarna putih.

 Sebelum dibangun sebuah masjid, awalnya lahan tersebut kosong dan diwakafkan oleh seseorang kepada Kyai Haji Abdul Kudus dan Kyai Haji Yusuf Tauziri untuk dibangun sebuah masjid.

 Baca: Sering Minum Es Teh untuk Buka Puasa? Kurangi Yuk! Ini Dampak Buruknya

Baca: Napi yang Ancam Polisikan Habib Rizieq Ternyata Bukan Orang Biasa, Dulu Jadi Anggota Polri Bintara

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved