Home »

News

Canggihnya Kapal Selam KRI Ardadedali 404 Milik TNI dari Korea Selatan, Ini Spesifikasinya

Menuju ke perairan Indonesia, KRI Ardadedali 404 berangkat dari dermaga galangan kapal DSME, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan

Canggihnya Kapal Selam KRI Ardadedali 404 Milik TNI dari Korea Selatan, Ini Spesifikasinya
SURYA/AHMAD ZAINUL HAQ
Prajurit TNI AL menyambut kedatangan KRI Nagapasa-403 saat sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (28/8) lalu. 

TRIBUNJABAR.ID, SURABAYA - KRI Ardadedali 404, kapal selam kedua pesanan Indonesia kepada Korea Selatan (Korsel) Kamis (17/5/2018) hari ini sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya.

Kapal produksi Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korsel ini merupakan kapal selam type 209/400 DSME yang memiliki bobot 1.280 ton saat muncul di permukaan dan bobot menjadi 1.400 ton saat menyelam.

Menuju ke perairan Indonesia, KRI Ardadedali 404 berangkat dari dermaga galangan kapal DSME, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan pada pada 30 April 2018 lalu meIintasi Iaut selama 17 hari.

Baca: Bukan untuk Liburan, Ini Rupanya Tujuan Ahmad Heryawan dan Netty Berangkat ke Tunisia

Rute yang dilalui adalah Okpo (Korsel), Selat Korea, Perairan Jepang, Laut Cina Timur, Selat Luzon, Laut Cina Selatan, Selat Apo, Selat Cuyo, Laut Sulu, Selat Sibutu, Laut Sulawesi, Selat Makassar - Laut Jawa Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) hingga akhirya merapat di Dermaga Koarmada II Surabaya.

Sebelum KRI Ardadedali 404, Indonesia memesan kapal KRI Nagapasa 403 yang datang Senin (28/8) lalu.

Secara fisik, dua kapal selam ini memiliki bentuk sama persis.

KRI Ardadedali 404 ini juga dilengkapi Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast dan Comfortable Accomodation.

Baca: Mengerikan, Kisah Viral Yunita yang Hampir Terjerumus Aliran Sesat, Diminta Baiat Jadi Teroris

Ada empat mesin diesel MTU 12V493 dengan jarak jelajah mencapai 18.520 km. Panjang kapal 61,3 meter, diameter 6,2 M, dengan draft 5,7 M mampu menampung 40 kru kapal.

Kecepatan kapal mencapai 21 knot di bawah air dan 12 knot di permukaan ini mampu belayar lebih dari 50 hari untuk menunjang fungsi operasinya.

Halaman
12
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help