Memasuki Era Revolusi Industri Keempat, B4T Bentuk Ekosistem Inovasi

Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik B4T, Dudung mengatakan, memasuki era Industry 4.0 diharapkan inovasi litbangyasa makin tumbuh subur

Memasuki Era Revolusi Industri Keempat, B4T Bentuk Ekosistem Inovasi
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Diseminasi Litbangyasa "Hilirisasi Riset untuk Pengembangan Industri" di B4T Bandung, Selasa (15/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Inovasi merupakan bagian tak terpisahkan dari bangunan peneIitian pengembangan dan perekayasaan atau sering disebut litbangyasa.

Inovasi bahkan meniadI salah satu di antara 12 pilar yang menentukan daya saing suatu negara di kancah internasional.

Dalam Global Competitiveness Report yang dirilis World Economic Forum untuk kurun waktu 2017-2018, Indonesia menduduki peringkat 36 dari 137 negara dengan pom inovasi para peringkat 31.

Baca: Nih Ucapan Maaf dan Selamat Ramadhan yang Ngetren via WhatsApp, Mau Nyontek?

Baca: VIDEO: Modus Pelaku Selundupkan 612 Kilogram Ganja Masih Gunakan Cara Lama

Di dalam negeri sendiri, inovasi dalam kaitannya dengan litbangyasa menjadi penggerak tumbuhnya industri nasional mewujudkan industri yang mandiri, berdaya saing dan maju perlu ditopang dengan strategi hilirisasi yang tepat.

Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik B4T, Dudung mengatakan, memasuki era revolusi industri keempat (Industry 4.0) di mana interkonektivitas antara perangkat fisik dengan layanan virtual menjadi tolak punggungnya diharapkan inovasi litbangyasa makin tumbuh subur di negeri ini.

Melalui peta jalan impiementasi Industry 4.0 di Indonesia yang diberi nama Making Indonesia 4.0, maka arah pengembangan daya saing sektor manufaktur di Indonesia meniadi semakm jeIas, termasuk target yang akan dicapai.


"Salah satu startegi prioritas nasional yang dilakukan dalam rangking Indonesia 4.0 adalah pembentukan ekosistem inovasi. Hal ini bertujuan untuk mempercepat laju hilirisasi riset di industri tanah air," katanya disela acara Diseminasi Litbangyasa "Hilirisasi Riset untuk Pengembangan Industri" di B4T Bandung, Selasa (15/5/2018).

Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), sebagai salah satu unit Iitbangyasa di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan lndustri, Kementerian Perindustrian turut mengambil peran dalam rangka menginisiasi inovasi hingga hilirisasi riset menuju Industry 4.0.

Melalui berbagai hasil litbangyasa yang telah dilakukan khususnya di bidang material fungsional dan diversifikasi energi, B4R bertujuan mendongkrak peningkatan daya saing industri, substitusi impor hingga tumbuhnya industri baru di beberapa sektor industri. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help