Bawaslu Jabar Akan Kaji Potensi Pelanggaran yang Dilakukan Pasangan Asyik Saat Debat

Pihak Bawaslu mengaku masih harus mengkaji apakah tindakan pasangan Asyik masuk ke dalam pelanggaran atau tidak . . .

Bawaslu Jabar Akan Kaji Potensi Pelanggaran yang Dilakukan Pasangan Asyik Saat Debat
capture
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3 Sudrajat dan Ahmad Syaikhu membawa kaus bertuliskan 2018 Asyik Menang, 2019 Ganti Presiden. Aksi ini membuat situasi debat publik kedua Pilgub Jabar di Balairung Universitas Indonesia Depok, semakin panas, Senin (14/5/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Bawaslu Jabar, Herminus Koto, menyampaikan bahwa aksi yang memicu kontroversi saat debat yang dilakukan oleh pasangan Asyik (Sudrajat-Syaikhu) masih perlu pengkajian.

Herminus Koto mengatakan, pihaknya masih harus mengkaji apakah tindakan pasangan Asyik masuk ke dalam pelanggaran atau tidak.

"Inikan pemilihan gubernur dan wagub, jadi belum masuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Tapi apakah pemilihan gubernur boleh dimasukkan terkait hal itu karena pilpres belum diatur. Sedang kami kaji," ujar Herminus di Kantor Bawaslu Jabar, Rabu (16/5/2018).

Herminus menjelaskan, bahwa peraturan yang sudah tertera baru mengenai pemilihan legislatif. Yaitu pelaranggan kampanye dalam pilkada, meskipun boleh mensosialisasikan logo partai dan nomor urut.


Saat debat pilgub Jabar, pasangan Asyik membentangkan kaos bertuliskan "2018 Asyik Gubernur, 2019 Ganti Presiden" yang memicu kontroversi dan juga reaksi dari pihak lain.

"Bawaslu tidak bisa kalau kejadian hari ini langsung diputuskan hari ini kita juga menklarifikasi dan menkaji sebelum menrekomendasikan pada KPU," ujar Herminus.

Baca: Banyak Peziarah Datang, Penjual Bunga di TPU Cikutra Kebanjiran Rezeki

Sejauh ini, pihak Bawaslu belum melakukan panggilan pada pihak Asyik terkait aksinya tersebut. Bawaslu masih akan memanggil KPU Jabar untuk dimintai keterangan terkait hal ini.

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help