ITB Mengecam Keras Aksi Terorisme

ITB mengecam keras serentetan aksi terorisme yang terjadi di Mako Brimob, tiga gereja di Surabaya, dan di tempat lainnya

ITB Mengecam Keras Aksi Terorisme
tanjungpuratimes
Ilustrasi teroris 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengecam keras aksi terorisme yang terjadi di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob, di tiga gereja di Surabaya, dan beberapa tempat lainnya.

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi menyampaikan hal itu dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Senin (14/5/2018).

"Dalam beberapa hari terakhir, kami semua terhenyak oleh aksi terorisme di Mako Brimob serta ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, juga beberapa kejadian di tempat lainnya. Kejadian di luar batas perikemanusiaan ini sungguh sangat menyedihkan dan memprihatinkan bagi kita semua," ujar Kadarsah dikutip dari keterangan tertulis.


Kadarsah menyampaikan, pihaknya juga mengecam keras serentetan aksi terorisme yang terjadi di tempat-tempat tersebut beberapa hari ke belakang.

"Kami juga menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas rangkaian kejadian teror yang melukai dan menodai nilai luhur agama serta budaya Bangsa Indonesia tersebut," ujar Kadarsah.

ITB, kata Kadarsah, mendoakan agar para korban yang wafat mendapat tempat yang mulia di sisi-Nya. Serta, korban yang luka dapat segera pulih seperti sediakala.

Pihaknya juga mendoakan agar keluarga para korban diberi ketabahan dan keikhlasan dalam menerima cobaan ini.

Baca: Khawatir dengan Kejadian di Surabaya, Gereja Katolik HTBSPM Lebih Waspada

"Kami mengajak segenap elemen bangsa untuk menjunjung tinggi perdamaian dan kerukunan demi menjaga keutuhan Republik indonesia dengan senantiasa memelihara sikap toleransi yang didasari oleh semangat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa," kata Kadarsah.

Tak lupa, dia pun menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah, Kepolisian Republik lndonesia, Tentara Nasional Indonesia, segenap aparat terkait atas responsnya yang sigap, dan upaya sistematis terhadap penanganan peristiwa teror yang terjadi.

"(Kami) mengajak semua komunitas Institut Teknologi Bandung serta seluruh insan pendidikan tinggi untuk tetap memelihara suasana kampus yang kondusif untuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, serta tidak terhasut oleh tindakan dan perilaku yang akan mengancam perdamaian dan persatuan bangsa," ujarnya.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Kisdiantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help