Ramadan Berkah

BHR Kota Bandung Lakukan Pemantauan Hilal di Observatorium Boscha, Begini Hasilnya

Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung melakukan pemantauan hilal di Observatorium Boscha, Lembang untuk memastikan 1 Ramadan 1439 H

BHR Kota Bandung Lakukan Pemantauan Hilal di Observatorium Boscha, Begini Hasilnya
TRIBUN JABAR/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung melakukan pemantauan hilal di Observatorium Boscha, Lembang untuk memastikan 1 Ramadan 1439 H, Selasa (15/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung melakukan pemantauan hilal di Observatorium Boscha, Lembang untuk memastikan 1 Ramadan 1439 H, Selasa (15/5/2018).

Ketua BHR Kota Bandung, Maftuh Kholil mengungkapkan pemantauan hilal bisa tampak saat berada di atas upuk setelah matahari terbenam.

Untuk bulan ini, kata Maftuh, bisa diketahui hilal melalui ijtima setelah terbenamnya matahari atau sekitar pukul 18.43 wib.

Baca: Rapat Paripurna Batal, Ketua DPRD Jabar Minta Maaf dan Ini Alasannya

Baca: Densus 88 Terlibat Baku Tembak dengan Kelompok Terduga Teroris di Surabaya

"Kemungkinan bisa dipastikan besok hilal bisa terlihat. Sedangkan sekarang belum terlihat. Jadi, puasa bisa dikatakan pada Kamis (17/5/2018)," ucapnya.

Sebenarnya, Maftuh mengaku pemantauan tak perlu melakukan observasi, karena secara hitung-hitungan sudah bisa dipastikan, namun Kementerian Agama tetap mengharuskan dilakukannya isbat.


"Ya kami laporkan hari ini hilal tak terlihat. Bagi kelompok yang sudah puasa sejak hari ini dan kemarin, ya mungkin mereka punya metode sendiri," ujarnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help