Jelang Ramadan, Satgas Pengawasan Pangan di Kota Tasikmalaya Sidak di Swalayan dan Mall

Tak cuma makanan, petugas juga ikut memeriksa alat timbang yang digunakan di swalayan.

Jelang Ramadan, Satgas Pengawasan Pangan di Kota Tasikmalaya Sidak di Swalayan dan Mall
Tribun Jabar/Isep Heri
Satgas pengawasan pangan yang diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya menggelar inspeksi mendadak di sejumlah tempat, Senin (14/5/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA- Beberapa hari sebelum Ramadan, Satgas pengawasan pangan yang diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah tempat, Senin (14/5/2018) sore.

Sidak terjadi di beberapa minimarket dan mall di Kota Tasikmalaya di antaranya minimarket di kawasan Jalan Bantar dan sebuah pusat perbelanjaan Asia Plaza yang berada di Jalan HZ Mustofa.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Tasik, Uron mengatakan sidak dilakukan untuk memantau kelaikan produk makanan yang dijual di pasar moderen.

Pemeriksaan kelaiakan berkaitan dengan kadaluarsa produk, kelaiakan kemasan, serta pengecekan nomor izin edar makanan.


Hasil sidak tidak ditemukan produk kedaluarsa. Petugas hanya menemukan dua produk susu kalengan dengan bungkus berkarat di minimarket.

"Allhamdulillah, sidak kali ini belum ada temuan. Tadi, yang ada juga hanya susu kemasan kaleng berkarat di minimarket. Secara keseluruhan, kami tak menemukan produk-produk tidak sesuai dengan standar atau membahayakan," kata Uron kepada wartawan selepas sidak.

Tak cuma makanan, petugas juga ikut memeriksa alat timbang yang digunakan di swalayan.

Hasil pemeriksaan juga tidak ditemukan kesalahan kalibrasi dalam timbangan. Perawatan alat timbang yang dilakukan pasar swalayan cukup memadai.

Baca: 8 Korban Tewas Bom di Surabaya dan Sidoarjo adalah Anak-anak, Begini Respons Presiden dan KPAI

Baca: PSSI Benarkan Ada Asisten Wasit Dipukul di Pertandingan Kandang Borneo FC

Uron mengatakan pemerintah akan terus melakukan sidak sepanjang Ramadan tahun ini.

Menurutnya, pemerintah tak mau kecolongan oleh pengusaha-pengusaha nakal maupun lalai yang meraup keuntungan dengan menjual barang tidak laik.

Selain melakukan inspeksi di pusat perbelanjaan moderen, tim juga dikatakan Uron akan melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional.

"Sidak lanjutan pasti akan terus kami lakukan. Tak hanya di pasar swalayan modern tapi juga di tempat transaksi lain seperti pasar. Kami juga akan meriksa produk non makanan. Ini terus kami lakukan untuk melindungi konsumen," kata Uron. (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help