Ramadan Berkah

Ini Doa Rasulullah Muhammad saat Menjumpai Ramadan, Sehat dan Bisa Puasa Sebulan Penuh

Ketika Rasululllah melihat hilal, sebagi tanda bulan Ramadan, beliau membaca doa agar Allah melimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Ini Doa Rasulullah Muhammad saat Menjumpai Ramadan, Sehat dan Bisa Puasa Sebulan Penuh
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bulan Ramadan segera tiba. Di sejumlah media sosial, banyak yang menghitung, hari menuju Ramadan tinggal 9 hari lagi.

Ramadan adalah bulan paling mulia di anntara 12 bulan yang Allah ciptakan.

Itu mengapa kehadirannya sangat dinantikan dan banyak umat Islam yang berdoa agar usinya disampaikan hingga Ramadan tiba.

Di dalam bulan Ramadan, umat Islam yang memenuhi syarat tertentu, diwajibkan untuk melaksanakan puasa, mulai dari imsak atau waktu subuh, hingga waktu berbuka di sore hari pada saat Magrib.

Rasulullah Muhammad SAW, semasa hidupnya sangat menanti-nanti kehadiran Ramadan.


Beliau kemudian mempersiapkan dengan banyak amalan. Dan yang paling masyur, disebutakan dalam banyak hadist, Rasulullah melakukan banyak puasa di bulan syaban dan amalan-amalan lainnya.

Rasulullah juga memanjatkan doa-doa dalam rangka menyambut Ramadan.

Ketika Rasululllah melihat hilal, sebagi tanda masuknya bulan Ramadan, beliau membaca doa agar Allah melimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Doa menjelang Ramadan itu dalam bahasa arab: Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh

Baca: Heboh Struk Ganti Presiden 2019 di Resto Ayam Geprek, Ternyata Orang Ini Pelakunya

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Doa Rasulullah Muhammad ini disunahkan untuk dibaca ketika melihat hilal. Thalhah Ibn Ubaidillah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW membaca doa itu saat melihat hilal.

Dikutip dari laman nu.or.id, hadist tersebut diriwayatkan oleh Imam Al Tirmidzi. Dengan memabaca doa tersebut, kita berharap Allah memanjangkan usia sehingga dapat menjumpai Ramadan dan melaksanakan puasa sebulan penuh, dalam keadaan beriman dan sehat.

Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help