Tebus Ijazah Pakai Surat Rumah

Kisah Memilukan, Sekolah Tolak Berikan Ijazah, Rohayati Tebus Ijazah Anaknya Pakai Surat Rumah

Sejak suaminya, tak bisa lagi bekerja karena sakit jantung, setahunan lalu, kehidupan ekonomi keluarga Rohayati terus terpuruk.

Kisah Memilukan, Sekolah Tolak Berikan Ijazah, Rohayati Tebus Ijazah Anaknya Pakai Surat Rumah
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
SMK Negeri 1 Cipanas. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Rohayati (57) kembali menangis saat menceritakan perjuangannya mengambil ijazah anaknya, M Adhytia Refie yang ditahan SMK Negeri 1 Cipanas sejak tahun lalu.

Pihak sekolah menolak memberikan ijazah Adhytia karena warga Kampung Cipendawa, Desa Cipendawa, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, itu masih memiliki tunggakan SPP.

Mereka baru memberikannya, pekan lalu, setelah Rohayati menemui pihak sekolah dan memberikan surat keterangan girik rumah mereka sebagai jaminan.

Sejak suaminya, Junaedi (62) tak bisa lagi bekerja karena menderita sakit jantung, setahunan lalu, kehidupan ekonomi keluarga Rohayati terus terpuruk.

Jangankan untuk melunasi tunggakan SPP Adhytia Rp 4.105.000, untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja pun mereka kekurangan.

Itu pula yang membuat tunggakan SPP tersebut tak kunjung bisa mereka lunasi hingga saatnya pembagian ijazah.

Sedianya, kata Rohayati, ijazah itu baru akan mereka bawa nanti saja jika uang untuk melunasi SPP-nya telah berhasil mereka kumpulkan.

Ayah Adhtya, Junaedi, masih terbaring lemah karena menderita sakit jantung di rumahnya. Sudah hampir setahun ia tak bisa bekerja menafkahi keluarganya
Ayah Adhtya, Junaedi, masih terbaring lemah karena menderita sakit jantung di rumahnya. Sudah hampir setahun ia tak bisa bekerja menafkahi keluarganya (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Namun, kabar diterimanya Adhytia bekerja di proyek LRT di Jakarta membuat keperluan menebus ijazah itu jadi sangat mendesak, sementara pihak sekolah tetap tak mau memberikannya, kecuali Adhytia melunasi dulu tunggakan SPP-nya.

Baca: Cara Kejam ISIS Mengeksekusi Tawanan, Diberi Bom dan Dijatuhkan dari Atas Gedung

Halaman
123
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help