Kisah Billy, Bayi Owa Jawa Pertama yang Lahir Caesar dan Selamat, Kakaknya hanya Berumur 2 Hari

"Hari ini baru ketahuan kelaminnya betina. Saya optimistis bayi pertama owa Jawa yang lahir caesar ini bisa sehat," kata Wahju

Kisah Billy, Bayi Owa Jawa Pertama yang Lahir Caesar dan Selamat, Kakaknya hanya Berumur 2 Hari
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Billy adalah owa jawa pertama yang lahir melalui operasi caesar dan selamat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Para anggota tim dari Javan Gibbon Center (JGC) dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango langsung tersenyum gembira menyaksikan Billy begitu lahapnya meminum susu yang mereka berikan, Rabu (2/5/2018).

Billy adalah owa jawa pertama yang lahir melalui operasi caesar dan selamat. Semangat Billy meminum susu menjadi pertanda bahwa metabolisme tubuhnya sudah normal.

Billy adalah anak pasangan Bobby (8) dan Jolly (12) yang dijodohkan para 2014 silam. Tahun lalu, pasangan ini juga sempat memiliki anak. Namun, anak mereka yang juga dilahirkan melalui operasi caesar gagal bertahan, dan mati saat usianya baru dua hari.

Karena baru menjalani operasi caesar, untuk menjaga kesehatannya, Jolly sebenarnya masih belum belum diperbolehkan hamil.


Namun, tim yang merawat mereka rupanya kecolongan. Jolly kembali mengandung hingga terpaksa harus kembali melahirkan melalui operasi caesar, Sabtu (28/4).

"Alhamdulillah selamat. Hari ini baru ketahuan kelaminnya betina. Saya optimistis bayi pertama owa Jawa yang lahir caesar ini bisa sehat," kata Wahju Rudianto, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), di kantor TNGGP, Rabu (2/5).

Baca: Lawan Liverpool di Final Liga Champions, Real Madrid Dihantui Sejarah Mengerikan

Nama Billy, menurut Wahyu, juga diambil dari nama Bobi dan Jolly. Billy kini dalam penanganan intensif tim peneliti, yang semuanya merupakan putra bangsa, di kawasan konservasi Bodogol, Kabupaten Bogor.

Halaman
123
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help