Pilgub Jabar

Ini Solusi dari Dedi Mulyadi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Buruh di Jawa Barat

"Sedangkan di daerah timur Jabar justru masih rendah sehingga terjadi ketimpangan," kata Dedi.

Ini Solusi dari Dedi Mulyadi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Buruh di Jawa Barat
istimewa
Dedi Mulyadi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - ‎Calon wakil gubernur Jabar Dedi Mulyadi berpendapat, peningkatan kesejahteraan buruh harus dilakukan dengan menurunkan sejumlah kebutuhan mendasar rakyat.

"Peningkatan kesejahteraan buruh lewat sistem pengupahan memang perlu diperjuangkan. Tapi yang lebih penting adalah regulasi pemerintah untuk menurunkan harga kebutuhan pokok masyarakat," ujar Dedi Mulyadi di Bandung, Selasa (1/5/2018).

Baca: Ternyata Seperti Ini Nilai Rata-rata Upah Sejumlah Buruh dari Data BPS

Misalnya, harga perumahan, listrik, air, gas, bahan bakar kendaraan, pendidikan, dan pelayanan kesehatan gratis hingga transportasi murah bahkan gratis. Dengan mengeluarkan regulasi yang menurunkan kebutuhan pokok tersebut, maka upah buruh tidak tergerus.

"Biaya hidup rendah dan upah tinggi akan meningkatkan kesejahteraan karena kebutuhan sehari-hari terpenuhi dengan baik. Sebaliknya, upah tinggi biaya hidup tinggi ya percuma," kata Dedi.

Saat ini di Jabar terjadi ketimpangan dalam pengupahan karena menyesuaikan dengan kawasan industri. Kabupaten Karawang, ‎Bekasi, Purwakarta dan Kota Bekasi jadi daerah dengan upah buruh tinggi yakni di atas Rp 3 juta.

"Sedangkan di daerah timur Jabar justru masih rendah sehingga terjadi ketimpangan," kata Dedi.

Di peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini, salah satu tuntutannya adalah agar pemerintah men‎urunkan harga beras, listrik, BBM hingga menolak upah murah.

Di tempat terpisah, massa Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) sudah berunjukrasa di halaman Gedung Sate.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help