Dari 100 Bisnis Online Hanya 20 Persen yang Bertahan, Digipreneur Class Bantu Bangun Pelanggan Loyal

Pentingnya sebuah pendidikan bisnis yang komprehensif untuk memastikan para digital bisnisnya sustainable

Dari 100 Bisnis Online Hanya 20 Persen yang Bertahan, Digipreneur Class Bantu Bangun Pelanggan Loyal
Tribun Jabar/Cipta Permana
Dekan FEB Tel-U Dodie Tricahyono, Ph.D memaparkan modul-modul yang akan disampaikan dalam program pelatihan bisnis Digipreneur Class di Kampus Magister Manajemen, Universitas Telkom,¬†Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung, Rabu (25/4). / Cipta Permana.¬† 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -Mempertahankan sebuah bisnis online atau start up merupakan sesuatu hal yang tidak mudah bila tidak menguasai teknik dan cara berbisnis online secara baik dan tepat.

Bahkan bisnis yang sudah lama dibangun namun manajemen yang salah akan membuat perjuangan yang telah lama dibangun akan cepat mati.

CEO TUW Dr. Tri Utomo Wiganarto mengatakan, berdasarkan  hasil survei yang dilakukan TUW Consultant (TUW) dari 100 bisnis online, hanya sekitar 20 sampai 40 persen yang mampu bertahan menjalankan bisnis tersebut.

Untuk itu pihaknya bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom (FEB Tel-U) menginisiasi sebuah program bernama Digipreneur Class”, yaitu program pelatihan pendidikan bisnis yang komprehensif guna mengembangkan Entrepreneur berbasis TIK.

Program ini, kata Tri dipersembahkan bagi masyarakat umum yang menginginkan percepatan dalam mengembangkan usahanya untuk “Go Digital."


"Pentingnya sebuah pendidikan bisnis yang komprehensif untuk memastikan para digital tidak hanya membangun sebuah bisnis, tapi juga memastikan bisnisnya sustainable (berumur panjang) dan tumbuh. Karena membangun bisnis start up bukan hanya karena factor kemampuan namun juga bagaimana membentuk costumer yang loyal dan setia akan produk kita," ujarnya di Kampus Magister Manajemen, Universitas Telkom, Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung, Rabu (25/4).

Tri menjelaskan di era revolusi 4.0 ini menjadi Digipreneur itu bukan hanya saja berbicara masalah teknologi apa yang harus dipakai, platform apa yang harus digunakan, aplikasi mobile seperti apa yang harus dibuat, desain website dan landing page seperti apa yang menarik untuk dikunjungi.

Hal krusial yang harus diperhatikan adalah aspek manusianya, karena hal ini menjadi modal utama yang sangat menentukan keberhasilan bisnisnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved