Pilgub Jabar

Jika Terpilih Jadi Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi Siap Gelar Sunda Jazz Festival Internasional

Anda bisa bayangkan, jika tarompet, suling, karinding, toleat dan lain sebagainya bisa berpadu dengan unsur-unsur musik modern tentu akan menarik

Jika Terpilih Jadi Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi Siap Gelar Sunda Jazz Festival Internasional
Tribunjabar/Mega Nugraha
Dedi Mulyadi di Ciamis, Jumat (20/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS - Calon wakil gubernur Jabar, Dedi Mulyadi menggagas ‎gelaran Sunda Jazz Festival Internasional jika terpilih sebagai wakil gubernur dalam Pilgub Jabar 2018. Dalam pilgub jabar itu Dedi Mulyadi berpasangan dengan Deddy Mizwar.

Dedi menyampaikan itu saat menikmati alunan alat musik Tarompet Sunda di di Paguron Guntur Lodaya, Kabupaten Ciamis, Jumat (20/4/2018). Saat itu, sejumlah seniman meniup Tarompet Sunda yang kerap dimainkan saat gelaran Pencak Silat Padungdung, yang berorientasi pada keindahan gerak.

Baca: Penumpang Mobil Itu Buang Sampah Sembarangan, Jalan di Cimahi Ini Pun Dipenuhi Sampah

Tarompet punya suara yang khas. Menurut Dedi, alunannya setara dengan saxophone‎. Bedanya, saxophone dikenal begitu familiar namun tarompet terbatas di kalangan komunitas‎ dan cukup sulit memainkannya.

Tarompet
Tarompet (Tribunjabar/Mega Nugraha)

"Saxophone selalu identik dengan ajang Jazz Festival. Tarompet sebagai khasanah alat musik tradisional Sunda harus punya tempat di momen internasional, makanya saya akan menggagas Sunda Jazz Festival berskala internasional," kata Dedi.


Ia mengatakan, kolaborasi antar seni berbeda peradaban adalah keniscayaan. Tergantung dari ide dan kreativitas seniman itu sendiri. Menurutnya, ‎Sunda Jazz Festival Internasional akan mengkolaborasikan khasanah kesenian Sunda dengan unsur modern.


Menurutnya, saat ini banyak seniman yang mengkolaborasikan kesenian tradisional dengan unsur modern dan bahkan menghasilkan karya seni musik yang luar biasa.

"Anda bisa bayangkan, jika tarompet, suling, karinding, toleat dan lain sebagainya bisa berpadu dengan unsur-unsur musik modern tentu akan menarik," ka‎ta Dedi.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help