Tahun Ini, 1490 Rumah Tidak Layak Huni di Cimahi Bakal Direhabilitasi

Sepanjang tahun 2018, sebanyak 1.490 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang ada di Kota Cimahi. . .

Tahun Ini, 1490 Rumah Tidak Layak Huni di Cimahi Bakal Direhabilitasi
NAZMI ABDURRAHMAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sepanjang tahun 2018, sebanyak 1.490 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang ada di Kota Cimahi ditargetkan Pemerintah bisa segera direhabilitasi.

Rinciannya, sebanyak 335 rutilahu dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018, 750 rumah berasal dari bantuan APBD Provinsi Jawa Barat dan 405 rumah bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana, mengatakan, nominal anggaran per rumah khusus dari APBD Kota Cimahi tersebut mencapai Rp 16 juta.

"Rinciannya, Rp 10 juta untuk material dan Rp 6 juta untuk biaya jasa tukang yang akan diambil dari masyarakat sekitar. Sedangkan yang berasal dari bantuan mencapai Rp 15 juta per Rutilahu," ujarnya di Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Senin (16/4/2018).

Pekan ini, kata Nur, rehabilitasi atau perbaikan rutilahu akan segera dimulai dengan pengiriman material ke rumah sasaran Rutilahu.

"Sebagian (sudah diverifikasi), tinggal sebagian lagi belum, yang dari provinsi sambil jalan," katanya.

Atas hal itu, pemerintah Kota Cimahi akan mendata ulang Rumah Layak Tidak Huni (Rutilahu) yang belum terehabilitasi melalui bantuan untuk mengetahui jumlah keseluruhan rumah tidak layak huni di Cimahi.

Menurut Nur, berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan tahun 2016, daftar tunggu Rutilahu mencapai sekitar 2.500 rumah.

"Sekarang belum di update lagi daftar tunggunya. Insya Allah tahun ini akan diupdate data lagi," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved