Rumah Bersejarah di Cimahi Dibongkar, Pegiat Heritage Merasa Prihatin

Rumah tersebut kini telah dijual oleh ahli waris keluarga dr Sanitioso ke pihak lain, hingga akhirnya dilakukan pembongkaran.

Rumah Bersejarah di Cimahi Dibongkar, Pegiat Heritage Merasa Prihatin
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Rumah bersejarah di Cimahi dibongkar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Rumah bersejarah yang berlokasi di Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi, dibongkar.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (16/4/2018), rumah bagian belakangnya telah dibongkar.

Terlihat sejumlah pekerja bangunan tengah menurunkan genting dari bangunan rumah tersebut dan tampak puing-puing bangunan bagian belakang berserakan.

Dulunya, rumah tersebut merupakan peninggalan keluarga demang Hardjakusumah. Lalu di zaman perang kemerdekaan, rumah sempat menjadi markas Polisi Istimewa. Kemudian dijadikan rumah dinas sekaligus tempat praktik dr Sanitiyoso, yang merupakan Direktur Pertama RSUD Cibabat, setelah diserahkan ke Indonesia.

Penggiat Komunitas Tjimahi Heritage, Iwan Hermawan, mengatakan, dr Sanitiyoso itu pada zaman revolusi tahun 1945-1946, membantu perang kemerdekaan di Kota Cimahi.

"Ini yang belum banyak diketahui, kemudian rumah tersebut sekitar tahun 1946, sempat menjadi markas tentara pimpinan pasukan Belanda," ujar Iwan Hermawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (16/4/2018).

Namun, setelah dr Sanitioso meninggal, kepemilikan rumah tersebut kembali ke pihak keluarga demang Hardjakusumah, hingga kemudian dijual ke pihak BJB.  Lalu akhirnya dilakukan pembongkaran.

Atas pembongkaran itu, Iwan sangat menyayangkan, karena rumah bersejarah itu salah satu peninggalan yang ada di jalan utama Kota Cimahi.

"Prihatin, karena saat ini ikon-ikon daerah atau bangunan lama itu sudah mulai habis," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved