TribunJabar/

Tahun Ini Sebanyak 25 Desa di Kabupaten Bandung akan Dibentuk Jadi Desa Sabilulungan Bersih

"Tahun 2018 ini kita intervensi 25 desa di 18 Kecamatan untuk membentuk Kampung Saber. Bicara sampah, bicara lingkungan,

Tahun Ini Sebanyak 25 Desa di Kabupaten Bandung akan Dibentuk Jadi Desa Sabilulungan Bersih
TRIBUNJABAR.CO.ID/HAKIM BAIHAQI
Bupati Bandung, Dadang M Naser 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Tahun ini, sebanyak 25 desa dari 18 Kecamatan di Kabupaten Bandung akan diintervensi oleh pemda melalui program Kampung Sabilulungan Bersih (Saber). Hal tersebut juga sebagai upaya mendukung program Bandung Bersih Sampah 2020.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggagas program tersebut sebagai konsep kampung berkelanjutan untuk desa yang belum diintervensi program Eccovillage, yang penduduknya menerapkan kaidah lingkungan, dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah, mengatakan dari jumlah 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung, program Kampung Saber ini akan mengintervensi wilayah/desa yang tidak masuk ke dalam 165 desa ecovillage yang dibentuk Provinsi Jabar beberapa waktu lalu.

Baca: Ini Solusi yang Ditawarkan Yossi Irianto Soal Kesehatan, Perumahan, Hingga Macet dan Banjir

"Tahun 2018 ini kita intervensi 25 desa di 18 Kecamatan untuk membentuk Kampung Saber. Bicara sampah, bicara lingkungan, berarti kita bicara peradaban, dan perilaku. Sehingga intervensi kita adalah, bagaimana membangun perilaku yang sebetulnya sudah dimiliki oleh masyarakat," katanya di Soreang, Jumat (13/4/2018).

Dikatakannya secara historis kearifan lokal masyarakat Sunda terhadap lingkungan hidup, sudah sangat baik. Oleh karena itu program ini, pihaknya menyasar kesiapan masyarakat untuk lebih mandiri memahami permasalahan lingkungan hidup di desanya dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Serta melakukan pengolahan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.


"Kemudian mencoba dipoles kembali nilai-nilai baik yang ada di desa dan di masyarakat tersebut. Supaya bisa muncul menjadi sebuah identitas peradaban menuju Kabupaten Bandung bersih sampah 2020," katanya.

Asep menjelaskan, dorongan dari indikator Kampung Saber adalah bagaimana semua desa itu memiliki keunggulan. Dan memiliki basis yang memang sudah melekat ada di kehidupan masyarakat termasuk juga di kondisi alamnya.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help