Ledia Hanifa: Dongkrak Pariwisata Jabar, Semua Infrastruktur Penunjang Harus Terintegrasi

Promosi dan pengintegrasian berbagai kawasan pariwisata, menjadi kunci utama dalam pengembangan bidang pariwisata di Jawa Barat.

Ledia Hanifa: Dongkrak Pariwisata Jabar, Semua Infrastruktur Penunjang Harus Terintegrasi
Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Prime Park Hotel Bandung, Kamis (12/4). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Promosi dan pengintegrasian berbagai kawasan pariwisata, menjadi kunci utama dalam pengembangan bidang pariwisata di Jawa Barat.

Tidak sekedar mengejar target jumlah wisatawan lokal dan mancanegara, pemerintah dituntut mengaktifkan berbagai potensi pariwisata dan pengintegrasian infrastruktur transportasinya.

Pernyataan tersebut dikemukakan Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Prime Park Hotel Bandung, Kamis (12/4/2018).

Baca: UNBK Selesai, Antara Liburan atau Ikut Bimbel Persiapan ke Perguruan Tinggi?

Pemasaran pariwisata, katanya, masih harus dicermati Indonesia dan Jawa Barat, untuk mendongkrak jumlah wisatawan.

"Objek-objek wisata di Jawa Barat ini contohnya, sudah menjadi destinasi wisata yang baik, tapi belum terintegrasi dengan cukup baik melalui infrastrukturnya. Kalau tidak didesain atau diintegrasikan, akan sangat berat bagi para pelaku pariwisata mengembangkannya," kata Ledia.

Menurut Ledia, aksesibilitas menuju tempat wisata sangat penting untuk pengembangan pariwisata. Bagaimana bisa berkembang, kata Ledia, jika transportasi berupa infrastruktur atau sarana angkutan menuju kawasan wisata sulit diakses wisatawan.

"Contohnya, berapa waktu yang dibutuhkan dari Bandung ke Ciletuh atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Ada tujuh pasar tumpah yang harus dilewati kalau mau ke sana. Angkutan umum pun harus terintegrasi, baik jalur darat atau udara," kata Ledia.

Baca: Ikuti Filosofi Sepak Bola, Dedi Kusnandar Mulai Nikmati Peran Barunya di Persib Bandung

Para wisatawan, katanya, harus dipermudah untuk mendapat berbagai paket wisata, lengkap dengan pilihan akomodasi transportasi dan penginapan. Berbagai kemudahan ini pun harus terekspose dengan baik di berbagai sarana promosi.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved