Kualitas Lingkungan Hidup di Jawa Barat Memprihatinkan, Peringkat 30 dari 33 Provinsi

Direktur WALHI Jawa Barat, Dadan Ramdan, mengatakan posisi Jawa Barat berada di peringkat 30 dari 33 provinsi di Indonesia.

Kualitas Lingkungan Hidup di Jawa Barat Memprihatinkan, Peringkat 30 dari 33 Provinsi
Tribun Jabar/ Ery Candra
Suasana konferensi pers (konpres), Walhi Jabar dengan tema "Tambang Dalam Pilkada Jabar", Dadan Ramdan (didepan laptop dan berada ditengah-tengah), di sebuah kafe, Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Kota Bandung, Rabu (11/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Direktur Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), Jawa Barat, mencatat indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH), di Jawa Barat yang terdiri dari beberapa indikator, yakni kualitas air, udara dan tutupan hutan dari tahun 2012 hingga 2016, kian menurun.

Direktur WALHI Jawa Barat, Dadan Ramdan, mengatakan posisi Jawa Barat berada di peringkat 30 dari 33 provinsi di Indonesia. Hal itu, kata Dadan, hasil survei dari Kementerian LHK RI.

"Buruknya dan krisis lingkungan hidup muaranya pada bencana lingkungan hidup. Longsor, banjir dan bencana naik dari tahun 2015 sampai 2017. Tahun 2017, Banjir bandang terjadi di kabupaten pangandaran, cirebon, sukabumi, bandung barat, cianjur, bogor, dan subang," ujar Dadan, di sebuah kafe, Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Kota Bandung, Rabu (11/4/2018).

Dadan menuturkan, berkaitan dengan berlangsungnya proses Pilgub Jawa Barat, kini terdapat 34 izin pertambangan yang dikeluarkan oleh pemprov Jawa Barat. Pasalnya, ia menuding, perpanjangan dan pengeluaran izin baru diduga kuat ada kepentingan politik dari satu di antara kandidat.

Baca: Warga Spontan Bantu Tentara Kerja Bakti di Lingkungan Gang Tresna Asih Astanaanyar

"Pemprov mengeluarkan surat rekomendasi menambang dan menjual. Jadi ada apa?," ujar Dadan.

Sementara itu, beberapa kasus pertambangan yang terabaikan, ucapnya, supaya dilakukan penindakan nyata dari pemerintah yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar, misalnya Karawang, Bogor, Subang, Garut, Sukabumi, Sumedang, Cianjur, dan Bandung Barat.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help