TribunJabar/
Home »

Garut

Sejumlah Pihak Inginkan RA Lasminingrat Jadi Nama Jalan di Garut

"Bukti penunjang sudah kuat, ditandai dengan adanya karya sastra," kata Rani.

Sejumlah Pihak Inginkan RA Lasminingrat Jadi Nama Jalan di Garut
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Patung RA Lasminingrat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Sejumlah elemen masyarakat, menginginkan nama Raden Ayu (RA) Lasminingrat sebagai salah satu nama jalan yang ada di Kabupaten Garut.

Hal itu mesti dilakukan, karena menurut warga, RA Lasminingrat adalah satu di antara pahlawan perjuangan Kabupaten Garut.

Istri mantan wakil bupati Garut Diki Chandra, Rani Permata, mengatakan sudah sewajarnya nama RA Lasminingrat diabadikan ke dalam sebuah nama jalan atau menjadi pahlawan nasional.

"Kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah, yaitu Dinas Budaya dam Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut," kata Rani, saat ditemui di Gedung RA Lasminingrat, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (11/4/2018).


Rani mengatakan alasan untuk menjadikan RA Lasminingrat sebagai nama jalan, bukan tanpa alasan, tapi ditunjang dengan beberapa bukti kuat bahwa RA Lasminingrat adalah pahlawan.

"Bukti penunjang sudah kuat, ditandai dengan adanya karya sastra," kata Rani.

Terkait jalan akan yang namanya akan diubah, Rani mengatakan itu adalah kebijakan pemerintah dan dirinya hanya mengusulkan saja.

Baca: 4 Napi Ancam Sebar Video Porno untuk Memeras, Sebagian Uang Disebut Mengalir ke Petugas Jaga

"Tahun 2018 ini tidak begitu kondusif, karena bupatinya juga sedang cuti," katanya.

Berdasarkan informasi, RA Lasminingrat adalah tokoh perempuan intelektual dalam bidang kepenulisan dan pendidikan bagi kaum perempuan di Kabupaten Garut.

Ia merupakan sosok yang diketahui peduli terhadap nasib kaum hawa yang ada di wilayah Tatar Sunda dan juga merupakan istri mantan Bupati Garut, RAA Wiratanudatar VIII. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help