TribunJabar/
Home »

Garut

Kajian Ilmiah Soal RA Lasminingrat Segera Digarap, Bukti Usulan Jadi Pahlawan Nasional Kian Kuat

Tak tanggung-tanggung Rp 200 juta ia berikan untuk menjadikan RA Lasminingrat sebagai pahlawan nasional.

Kajian Ilmiah Soal RA Lasminingrat Segera Digarap, Bukti Usulan Jadi Pahlawan Nasional Kian Kuat
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Patung RA Lasminingrat 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Perjuangan RA Lasminingrat yang memperjuangkan hak perempuan Sunda, saat ini tengah diperjuangkan untut dicatatkan sebagai salah seorang pahlawan Indonesia.

Namun, upaya untuk mencatatkan nama sebagai pahlawan, perlu adanya beberapa upaya, yakni mengumpulkan sejumlah bukti penguat dan kajian ilmiah.

Istri Mantan Wakil Bupati Garut, Rani Permata, mengatakan, perlu ada dukungan kuat dari pemerintah daerah, agar diusulkan ke DPRD sebagai pahlawan nasional.

"Dalam hal ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut," kata Rani di Gedung RA Lasminingrat, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (11/4/2018).


Untuk memperkuat hal tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan kajian ilmiah yang dibiayai oleh seorang pengusaha asal Kabupaten Garut.

"Ia sudah sanggup secara pribadi," katanya.

Selain itu, Rani mengatakan, bukti kuat untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional sudah semakin terlihat, itu ditandai oleh banyaknya karya sastra yang dibuat oleh RA Lasminingrat.

"Setelah membuat buku kajian ilmiah ini, kami optimis 2019 semoga tercapai," katanya.

Ketua Gabungan Pengusaha Kontruksi (Gapensi) Garut, Yudi Nugraha, mengatakan, RA Lasminingrat adalah salah satu orang yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Garut.

"Selain wisata dan budaya, Garut pun punya tokoh intelektual wanita," katanya.

Mengenai pembiyaan kajian ilmiah, Yudi mengatakan, dirinya lah akan yang akan membiayai kajian tersebut. Tak tanggung-tanggung Rp 200 juta ia berikan untuk menjadikan RA Lasminingrat sebagai pahlawan nasional.

"Kalau bukan sekarang kapan lagi," kata Yudi.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help