Ajak Pelaku UMKM Beralih dari Konvensional ke Online, Pejuang Online Gelar Seminar

Mereka hadir pada sebuah seminar mengenai perdagangan online yang digagas oleh Komunitas Pejuang Online.

Ajak Pelaku UMKM Beralih dari Konvensional ke Online, Pejuang Online Gelar Seminar
Tribun Jabar/ Theofilus Richard
Seminar Pejuang Online untuk menggerakan UMKM berdagang secara online, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bandung, Minggu (8/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard 

TRIBUNJANBAR.ID, BANDUNG – Puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bandung memenuhi sebuah ruangan di Lantai 3 Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).

Mereka hadir pada sebuah seminar mengenai perdagangan online yang digagas oleh Komunitas Pejuang Online.

Ketua Komunitas Pejuang Online, Tanto Surioto, mengatakan acara ini digelar untuk mengubah pola pikir pelaku UMKM agar dapat beralih berjualan secara online.

“Pejuang Online ini kan komunitas kami bentuk dari awal untuk memberdayakan UMKM.Tapi saat ini beralih dari bisnis konvensional ke digital. Negara kita diserbu di bisnis online, tapi rata-rata produknya luar,” ujarnya.

Dalam seminar tersebut, para pelaku UMKM mulai dikenalkan berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk berdagang secara online.


Satu di antaranya adalah memaksimalkan media sosial. Untuk menggelar acara ini, Komunitas Pejuang Online bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Kalau di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah kan ada program pengembangan SDM, ini merupakan bagian dari program itu. Di kementerian, ada koordinasi yang melaporkan acara kami. Terus kalau di teritori, kami adakan di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil,” ujarnya.

Tanto Surioto juga mengatakan efek dari berbisnis online sangat besar. Melalui berjualan online, seorang pedagang bisa mendapat pasar sampai luar negeri.

“Ada seorang anggota Komunitas Pejuang Online, dia menjual seprai anti ompol ke Dubai, Kuwait, dan Malaysia. Kami bukan menjadi pasar lagi,” ujarnya.

Baca: Dinas KUMKM Targetkan Cetak 3.000 Pengusaha Baru, Siapkan Program UMKM Naik Kelas

Bandung adalah kota ketiga yang disambangi Komunitas Pejuang Online dalam penyelenggaraan acara ini.

Sebelumnya Komunitas Pejuang Online telah mengadakan acara serupa di Yogyakarta dan Semarang.

Setelah Bandung, Komunitas Pejuang Online akan kembali menggelar seminar di Surabaya.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help