Analisis Hujan Lebat di Sukabumi pada Rabu 4 April 2018, Adanya Faktor Awan Cumulonimbus

BMKG Jawa Barat mengeluarkan analisis hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Sukabumi pada Rabu (4/4/2018).

Analisis Hujan Lebat di Sukabumi pada Rabu 4 April 2018, Adanya Faktor Awan Cumulonimbus
Kolase Trbun Jabar (ISTIMEWA)
Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang kawasan Kota Sukabumi, Rabu (4/4/2018) sore. Sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa titik dan mengakibatkan berbagai kerusakan seperti menimpa kendaraan dan bangunan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - BMKG Jawa Barat mengeluarkan analisis hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Sukabumi pada Rabu (4/4/2018).

Untuk diketahui, hujan itu telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik seperti di Jalan R Syamsudin, Jalan Arif Rahman hakim, Jalan Suryakencana, dan kawasan Rumah Sakit Bunut.

Hujan itu juga mengakibatkan berbagai kerusakan seperti menimpa kendaraan dan bangunan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG Jawa Barat, Jumat (6/4/2018), hujan di Sukabumi itu disebabkan oleh tiga faktor.

Dari faktor lokal, berdasarkan pantauan citra satelit, terdapat pembentukan awan cumulonimbus di sekitar wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya pada pukul 14.40 WIB dengan intensitas lebat disertai angin kencang.

Baca: Jangan Lupa Membawa Payung, Hari Ini Wilayah Priangan Timur Diprediksi Hujan

Lalu, dari faktor fegional, adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah barat Sukabumi.

Belokan angin (shearline) juga ada di sekitar Kabupaten dan Kota Sukabumi yang menyebabkan terjadinya perlambatan angin dan berpotensi pembentukan awan-awan cumulonimbus.

Kemudian, dari faktor global, terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan-awan potensial hujan.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help