TBBM Plumpang Milik Pertamina Masuk Daftar Terminal Paling Efisien di Dunia

Dalam publikasi Global Tank Storage, TBBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia.

TBBM Plumpang Milik Pertamina Masuk Daftar Terminal Paling Efisien di Dunia
ISTIMEWA

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang  PT Pertamina (Persero) masuk dalam daftar nominasi 7th Most Efficient Storage Terminal pada Global Tank Storage Award 2018.

Selain TBBM Plumpang, terminal lain yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah Saudi Aramco Terminals, Vesta Terminal Antwerp (Belgium), dan IL&FS Prime Terminals (UAE).

Global Tank Storage Awards adalah ajang bergengsi di industri Unit Penyimpanan (Storage and Terminal), terutama terkait keandalan unit penyimpanan, inovasi peralatan, serta parameter lain.

Dalam publikasi Global Tank Storage, TBBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia.

Hal ini karena Plumpang mensuplai ke sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina.

Thruput BBM rata rata sebesar 16.504 Kiloliter per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek. 


Dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id, Kamis (5/4/2018), disebutkan, beroperasi mulai tahun 1974, Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 Kiloliter.

Saat ini Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

Dibandingkan era sebelumnya, pengadopsian teknologi terbaru pada New Gantry System sejak tahun 2010 memiliki banyak keunggulan, di antaranya waktu pengisian BBM yang lebih cepat,  dimana mengalami peningkatan flowrate pengisian BBM dari 1000 sd 1500 liter per menit menjadi 2000 liter per menit sehingga jumlah flowmeter yang dioperasikan berkurang dari 74 unit menjadi 39 unit atau turun 48% .

Lalu, mengimplementasikan varian baru lebih sempurna, dan penggunaan tangki timbun tetap dapat optimal.

Keuntungan lainnya, lebih aman karena sistem mengaktifkan interlock mobil tangki sehingga pada saat pengisian mobil tangki mengunci/tidak dapat bergerak dan mengeliminir terjadi tumpahan BBM akibat kegagalan saat pengisian dengan berfungsinya overfill sensor.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, masuknya Pertamina dalam nominasi bergengsi ini menambah keyakinan bahwa Terminal BBM Pertamina bisa bersaing di kancah dunia dan tidak perlu diragukan lagi.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help