Pilgub Jabar

Jika Terpilih, Dedi Mulyadi Siap Bangun Bandara di Pelabuhan Ratu, Dongkrak Pariwisata Jabar Selatan

"Maka Jabar selatan akan terkoneksi dengan Jabar di wilayah tengah hingga utara dan potensi kepariwisataan bisa digarap dengan baik," kata Dedi.

Jika Terpilih, Dedi Mulyadi Siap Bangun Bandara di Pelabuhan Ratu, Dongkrak Pariwisata Jabar Selatan
Tribunjabar/Mega Nugraha
Dedi Mulyadi di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Kamis (5/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Calon wakil gubernur Jabar Dedi Mulyadi mencanangkan pembangunan bandar udara (Bandara) di pesisir selatan Jabar untuk mendongkrak pariwisata di pesisir pantai selatan Jabar sepanjang 430 km.

Di Kabupaten Sukabumi misalnya, ratusan potensi wisata menghampar mulai dari Gunung Gede, Salak dan Pangrango, Karst Jampang yang terdapat puluhan gua dan air terjun hingga pantai hingga Ujung Genteng.

"Belum lagi di pesisir selatan Jabar lainya seperti di Cianjur, Garut, Tasikmalaya hingga Pangandaran. Saya mencanangkan untuk membangun bandara di pesisir selatan Jabar, di Kabupaten Sukabumi karena ibukotanya ada di pesisir pantai," kata Dedi saat mengunjungi Pelabuhan Ratu, ibu kota Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/4/2018).

Baca: Ini Sikap Mohamed Salah yang Luar Biasa, Aksinya Tertangkap Kamera Saat Liverpool Ungguli City

Ia berpendapat, potensi wisata Jabar selatan belum tergarap dengan baik karena untuk mengaksesnya masih mengandalkan jalur darat dengan jarak tempuh dari Kota Bandung sebagai ibu kota provinsi sejauh 150 km, begitu juga dari Jakarta, ibu kota negara.

"Dengan waktu tempuh empat hingga lima jam dari ibu kota provinsi dan ibu kota negara ke Sukabumi dan pesisir pantai selatan Jabar lainnya, ‎saya rasa sulit sehingga tingkat kunjungan wisatanya tidak terlalu signifikan. Jadi perlu bandara, karena Sukabumi ini tidak kalah bagus dengan Bali," kata Dedi.


Infrastruktur di Jabar selatan semakin lengkap manakala proyek tol Bogor Cianjur Sukabumi (Bocimi) seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo rampung. Kemudian, jalur Tol Bocimi ini ditambah lagi dengan jalur Pelabuhan Ratu hingga Pangandaran. Jika terpilih bersama Deddy Mizwar di Pilkada Jabar 2018 sebagai gubernur dan wakil gubernur, ia akan merumuskan pembangunan bandara di Kabupaten Sukabumi ini.

"Maka Jabar selatan akan terkoneksi dengan Jabar di wilayah tengah hingga utara dan potensi kepariwisataan bisa digarap dengan baik," kata Dedi.


Di tengah infrastruktur yang mengkoneksikan semua wilayah di Jabar termasuk Jabar selatan, tinggal nanti Pemprov Jabar memberdayakan masyarakat sekitar pesisir selatan untuk mengembangkan icon-icon kepariwisataan sendiri.

"Infrastruktur yang mengkoneksikan semua wilayah di Jabar nanti, harus dibarengi dengan sumber daya manusia setempat dalam membangun icon-icon kepariwisataan dan kesenian tradisionalnya masing-masing," kata Dedi.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help