Hanya 55% Warga yang Tahu Soal Pilkada, Ketua KPU KBB Bilang Begini

Dalam hasil survei itu menyebut warga KBB hanya sekitar 55,11 persen yang mengetahui adanya pilkada.

Hanya 55% Warga yang Tahu Soal Pilkada, Ketua KPU KBB Bilang Begini
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat mengikuti Debat Publik Pertama Pilgub Jawa Barat 2018 yang digelar KPU Jawa Barat dan disiarkan langsung KompasTV, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (12/3/2018). Debat yang dipandu Direktur Pemberitaan KompasTV, Rosianna Silalahi itu, bertema Ekonomi, Politik, Pemerintahan Daerah, Infrastruktur, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, Industri, Perdagangan dan Teknologi, serta UMKM dan Koperasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Iing Nurdin menanggapi adanya hasil survei yang dirilis oleh lembaga survei Rectoverso Institute. Dalam hasil survei itu menyebut warga KBB hanya sekitar 55,11 persen yang mengetahui adanya pilkada.

Lembaga survei ini melakukan survei pada akhir Januari. Menurut Iing, untuk April ini tentu hasil pengetahuan warga terhadap pilkada ada kenaikan.

"Survei itu kan dilaksanakan Januari dan saat itu kami masih proses pencalonan dan belum menentukan paslon. Jadi, belum ada pengetahuan ke warga. Kami pun setelah itu gencar untuk lakukan sosialisasi," ujar Iing di kantornya, Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, Kamis (5/4/2018).

Menurut Iing, KPU KBB telah lakukan penyebaran brosur oleh agen sosialisasi ke pelosok wilayah dan pusat keramaian, seperti pasar.


"Kami juga intsruksikan ke tim untuk mengingatkan warga, terutama fokus di masyarakat pinggiran. Lalu, kami lakukan pemasanga baliho sesuai aturan," katanya.

Saat ini, posisi masyarakat KBB, Iing melihat masih belum melek literasi secara utuh. Selain itu, KPU pun telah berikan alat peraga kampanye dan bahan kampanye sebayak 138 ribu ke masing-masing paslon.

"Jadi setiap tim paslon pun harus manfaatkan itu juga untuk sosialisasi ke warga," ucapnya

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved